PENGEMBANGAN DIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB

Suharia Sarif

Abstract


Penelitian ini membahas tentang “Pelaksanaan Program Pengembangan Diri dalam Meningkatkan Maha>ratul Lughawiyah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gorontalo”. Adapun penelitian ini mengangkat beberapa pokok permasalahan yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan Program Pengembangan Diri dalam Meningkatkan Maha>ratul Lughawiyah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gorontalo (2) Apa kendala yang menjadi penghambat pelaksanaan program pengembangan diri dalam meningkatkan maha>ratul lughawiyah siwa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gorontalo (3) Apa upaya yang ditempuh untuk mengatasi kendala pada pelaksanaan program pengembangan diri dalam meningkatkan maha>ratul lughawiyah. Pendekatan fenomenologis dan edukatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang ditempuh melalui : Observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian ini ditemukan beberapa hal sebagai berikut: (1) Program Pengembangan Diri adalah kegiatan ekstrakulikuler yang dilaksanakan di Madrasah ini melalui tujuh kegiatan dan latihan, dan substansi dari program ini yaitu menekankan pada peningkatan hasil belajar bahasa Arab, baik itu dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang meliputi empat kemahiran yakni kemahiran berbicara, mendengar, membaca dan menulis. (2) Adanya pelaksanaan program ini, diharapkan dapat meningkatkan maha>ratul lughawiyah para siswa dari berbagai aspek, (3) kendala yang dihadapi agar dapat diminimalisisr sehingga peningkatan maha>ratul lughawiyah para siswa dapat tercapai dengan baik.

Keywords


Pengembangan Diri; Maha>ratul; Lughawiyah

Full Text:

PDF

References


A. Sahertian, Pret, Dimensi Administrasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1985.

Abdullah al-Bashir, Ahmad, Mudhakkirah Ta’lim al-Kalam, Jakarta : Ma’had al-Ulum al-Ilsmiyah wa al-Arabiyah bi Indunisiya, tt.

Akrom Malibary, A, Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama Islam IAIN, Jakarta: Proyek Pengembangan Sistem Pendidikan Agama, Depag RI, 1976.

Al-Hasyimi, Ahmad, al-Qawaid al-Asasiyyah li al-Lughah al-‘Arabiyyah, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1354 H.

al-Rahman ‘Abd Latif, Abd, dan al-Dihan, Mamduh Nur al-Din ‘Abd Rabb al-Nabiy, Mudakkirah fi Tadris al-Kitabah, Jakarta : Ma’had al-Ulum al-Islamiyah wa al-Arabiyah bi Indunisiya, tt.

Alim Ibrahim, Abdul, al-Muwajjah al-Fanni li Mudarris al-Lughah al-‘Arabiyah, Kairo; Daral-Ma’arif, 1961.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi. Revisi V; Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Azwar, Saifuddin, Metode Penelitian, Cet. XI; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Departemen Agama, Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler, Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2005.

Fahri Yasin, Moh, Sistem Evaluasi Pembelajaran, Cet. I; Gorontalo: Sultan Amai Press IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Fuad Effendy, Ahmad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2005.

Hidayat, D, Mukaddimah Buku Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah, (Semarang: Karya Toha, 2009).

Kasiram, Moh, Metodologi Penelitian Kualitatif –Kuantitatif, Malang: UIN Malang Press,2008.

Kamil al- Naqoh, Mahmud, Ta;lim al-Lughoh al-Arobiyah li al-Natiqina bi Lughat Ukhro, Makkah al-Mukarromah, Jami‟ah Umm al-Quro, 1985.

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif , Ed. Revisi, Cet. XXVIII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Mun’im Said Abdul Ali, Abdul Tharqu Tadris al-Lughah al-Arabiyah, Qahirah: Maktabah Gharib, t.th.

Mardiyah,Sitidkk,Pengembangandirihttp://iyah2008.wordpress.com/2009/03/18/pengembangan-diri/ diakses rabu 4 januari 2012 diakses 04 Januari 2012.

Ngalim Purwanto, M, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Cet. VII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah BNSP : 2007.

Peraturan Pemerintah RI dan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : Depdiknas, 2006.

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Cet.III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Republik Indonesia, Undang-undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional. UU. No 2 th. 1989 Cet IV; Jakarta: Sinar Grafika, 1993.

Rooijakkers, Ad, Mengajar dengan Sukses Petunjuk untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran, Cet. XI Jakarta: Grasindo, 1991.

Tarigan, H. A, Pengajaran kosakata, Bandung: Penerbit Angkasa, 1986.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung : P.T. Remaja Rosdakarya, 2005.

Soedijarto, Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu, Jakarta: Balai Pustaka, 1993.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Cet. XIV; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Sudjana, Nana, Dasar- dasar Proses Belajar Mengajar, Cet . V; Bandung: Sinar Baru Algensind, 2000.

Sudrajat,AkhmadPengembanganDiridalamKTSP,http://akhmadsudrajat.wordpres.com/2008/02/27/tentang-pengembangan-diri-dalam-ktsp/di akses tanggal 8 Agustus 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet. XI; Bandung: Alfabeta, 2010.

Tim Pengembangn Ilmu dan Pendidikan, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan bagian 2, Edisi. I; Cet. II; Bandung: Imtima, 2007.

Warson. Munawwir, A dan Muhammad Fairuz, Al-Munawwir Kamus Indonesia-Arab, Cet. I; Surabaya: Pustaka Progresif, 2007.

Winkle, WS, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo, 1999.

Zaenuddin, Radliyah, Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 2005.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.6.1.72-93.2017

Article metrics

Abstract views : 3 | views : 1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Suharia Sarif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats