Analisis Kontrastif dalam Pembelajaran Bahasa

Misdawati Misdawati

Abstract


Penelitian ini membahas tentang analisis kontranstif dalam pembelajaran Bahasa, tujuan penelitian adalah menjebarkan teori analisis kontrastif dan urgensinya dalam pembelajaran Bahasa, khususnya terhadap peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pustaka, metode pendekatan yang digunkan adalah pendekatan linguistik, data dikumpulkan dengan cara mengutip, menyadur dan menganalisis. Kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Analisis konrastif adalah suatu bentuk metode yang digunakan untuk mempelajari dan membandingkan dua struktur bahasa yang berbeda yakni struktur bahasa yang dipelajari dengan bahasa sumber, kemudian mengidentifikasi persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan kedua bahasa tersebut. Analisis ini digunakan untuk menemukan kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam mempelajari tata bahasa, agar ditemukan metode yang tepat untuk mengatasinya

Keywords


Kontrastif; Pembelajaran; Bahasa

Full Text:

PDF

References


Ainin, Moh. Analisa Bahaasa Pembelajar Bahasa Arab: sebagai Bahasa Asing (Kajian Analisis Kontrastif, Kesilapan dan Koreksi Kesilapan). Cet. I; Malang: Misykat, 2011.

Nur,Tajudin. “Analisis Kontrastif dalam Studi Bahasa”, Arabi: Journal of Arabic Studies. vol. 1 no. 2 (2016

Nurhadi. Dimensi-dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua. Cet. II; Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo Bandung, 2010.

Parera, Jos Daniel. Linguistik Edukasional: Metodologi Pembelajaran Bahasa, Analisis Kontrastif Antarbahasa dan Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Erlangga, 1997.

Tarigan, Henry Guntur.Pengajaran Analisis Kontranstif Bahasa. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1989.

Zulhannan.Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Cet. II; Jakarta: Rajawali Press, 2015.

Zed, Mestika.Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Yunus, Andi Fatimah. “Analisis Kontrastif Bahasa Indonesia dan Bahasa Bugis dalam Bidang Sintaksis dan Implikasinya Terhadap Pengajaran Bahasa Indonesia”.Tesis. Makassar: PPs Universitas Negeri Makassar, 2003.

Ya>qu>t,Ahmad Sulaiman.Fi> ‘Ilm al-Lugah al-Taqa>buli>: Dira>sah tat}bi>qiyyah. Iskandariah: Da>r al-Ma’rifah al-Ja>mi’iyyah, 1983.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.8.1.53-66.2019

Article metrics

Abstract views : 10264 | views : 6343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Misdawati Misdawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter