DAMPAK PUSARAN ARUS GLOBALSASI TERHADAP BAHASA ARAB

akmal fajri

Abstract


Globalisasi yang terjadi memberikan dampak yang besar dalam kehidupan manusia. Hal ini juga tidak lepas dari perkembangan teknologi dan informasi dari negara-negara Eropa dan Amerika yang memberikan pengaruh besar bagi negara Timur Tengah. Dampak dari globalisasi di antaranya dengan kemajuan teknologi dan komunikasi antar sosial masyarkat juga mempengaruhi terhadap budaya Arab itu sendiri, dan salah satu dari budaya Arab  adalah bahasa Arab. Bahasa Arab yang merupakan indentitas dari bangsa Arab dan juga merupakan bahasa penting dalam Agama Islam. Mengalami dampak dari globalisasi yang menjadikan bahasa Arab mulai tersingkirkan dan tergerus oleh zaman.  Dampak dari globalisasi serta faktor-faktornya menjadi fokus penting dalam pembahasan yang akan dibahas dalam makalah ini. Masalah-masalah yang dihadapi oleh bahasa Arab di era yang penuh dengan kemajuan teknologi dan zaman Globalisasi ini, dimana bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional juga akan dibahas dalam makalah ini. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaif dengan cara analisi diskriptif, dan kajian pustaka terhadap bahan-bahan dari jurnal ilmiah dan buku-buku yang membahasa serta mengkupas tentang globalisasi dan dampak terhadap bahasa Arab tersebut.


Keywords


Dampak Pusaran, Globalisasi, Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Ali Mahsun, Pendidikan Islam dalam Arus Globalisasi Sebuah Kajian Deskriptif Analitis, Journal Episteme, Vol. 8, No. 2, 2013.

Badreya Al-Ammari, Social Sciences & Humanities The Impact of Globalisation on Society and Culture In Qatar, Journal Peranika, Desember 2016.

Cokorda Istri Sukrawati, Pengaruh Globalisasi Terhadap Perkembangan Kesusastraan Bali, Balai Bahasa Provinsi Bali 30 November 2015.

Khalifah, Abdul Karim, al-Lughah al-‘Arabiyyah ‘ala Madariji’l Qarni’l Wahid wa’l ‘Isyrin, Amman : Daar al-Gharb al-Islamy, 2003.

Mark Warschauer, dkk. Language Choice Online: Globalization and Identity In Egypt, Journal of Computer-Mediated Communication, Vol. &, Issue 4, 1 July 2002.

Osman Bakar, Pengaruh Globalisasi Terhadap Peradaban, Jurnal Peradaban, Universiti Malaya, Jilid 1, 2008.

Rahma Ibrahim Al-Mahrooqi, Denman, C. J., Tausiff Sultana, Factor Contributing to the Survival of Standard Arabic in the Arab World: An Exploratory Study. Journal Pertanika, Social Sciences & Humanities, September 2016.

Ritzer, Geogre dan Douglas J. Goodman. Teori Sosiologi Modern, Jakrta 2004: Kencana.

Ubaid Ridlo, Bahasa Arab dalam Pusaran Arus Globalisasi: Antara Pesismisme dan Optimisme, Jurnal Ahya’ Al-Arbiyah, Vol 1, No. 2, 2010.

Wissal Al Allaq, Arabic Language in a Globalized World: Observations From the United Arab Emirates, AWEJ, Vol 5, No. 3, 2014.

Yuangga Kurnia Yahya, Usaha Bahasa Arab dalam Menghadapi Era Globalisasi, Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab III, Malang, 7 Oktober 2017.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.9.1.89-100.2020

Article metrics

Abstract views : 968 | views : 425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 akmal fajri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter