PUISI AL-KU>LI>RA KARYA NĀZIK AL-MALĀ’IKAH (Studi Analisis Semiotika Michael Riffaterre)

noor naila rochim

Abstract


Objek material tulisan ini adalah puisi Al-Ku>li>ra karya Nāzik Al-Malā’ikah, penyair perempuan terkenal di daerah Iraq dan objek formalnya adalah semiotika Riffaterre. Dalam teorinya, Riffaterre menjelaskan beberapa tahap dalam menentukan pemaknaan dalam puisi, yaitu pembacaan heuistik (pembacaan yang berdasarkan pada arti secara struktur gramatikal), pembacaan hermeneutik (proses pembacaan yang berdasarkan konvensi sastra), matriks, model dan hipogram. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pada pembacaan heuristik, puisi  Al-Ku>li>ra masih terdapat makna yang tersirat. Dalam pembacaan hermeneutik, menghasilkan model (kalimat kiasan inti dari puisi) yang berbunyi Ya> syabah}a al-haid}atu ma> abqait “Wahai hantu yang tak menyisakan apa-apa” dan La> syaia siwa> ah}za>nu al-maut “Tak ada sesuatupun kecuali kematian yang menyedihkan”. Model tersebut dapat menghasilkan matrik puisi yaitu tentang hakikat kematian secara pandangan filsasat. Hipogram yang mendasari puisi ini adalah hakikat kematian yang datangnya pasti kepada semua penghuni bumi.


Keywords


Nāzik Al-Malā’ikah; Teori semiotika Riffaterre; pembacaan heuristik; hermeneutik

Full Text:

PDF

References


Nurfitri. 2014. Skirpsi: “Tema Kesedihan dalam Puisi Al-Kuuliiraa Karya Nazik Al-Malaika”. Depok: Universitas Indonesia.

Wawaysadhya, “Kematian Menurut Louis Leahy”, Jurnal Kenosis, No. 2, Vol. 5, 2019

Rois, Ahmad. 2019 “Pembacaan Semiotik Michael Riffaterre dalam Diwan Al-Imam Al-Syafi’i tentang Motivasi Belajar dan Keutamaan ‘Alim”. Jurnal Diwan : Bahasa dan Sastra Arab. Vol. 5. No.1.

Maulana, Luthfi. 2019. “Semiotika Michael Riffaterre (Analisis Pembacaan Heuristik-Hermeneutik atas Surat Ali-Imran (3):14)”. Jurnal Qof. Vol. 3. No. 1.

Maretna Huri, Ranti, dkk. 2017. “Analisis Semiotika Riffaterre dalam Puisi Dongeng Marsinah Karya Sapardi Djoko Damono”. Jurnal Bahasa dan Sastra UNP. Vol. 5, No. 1.

Eka Wijayanti, Dinar. 2019. Tesis:”Konsep Al-Masā’ dalam Puisi Zātu Masā’ Karya Nāzik al-Malā’ikah (Analisis Semiotik Charles Morris) ”. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Qiwarunnisa, dkk. 2018. “Simbolisme Hujan dalam Novel Hujan Karya Tere Liye”. Jurnal Sastra Indonesia. Vol. 7. No. 3.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.9.2.225-238.2020

Article metrics

Abstract views : 1269 | views : 884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 noor naila rochim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter