PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT DI RESORT PEMANGKU HUTAN (RPH) MANGUNAN (Development of Community Based Tourism in Forest Management Resort (FMR) Mangunan)

Diyah Sari Anjarika, Muhammad Baiquni, Su Ritohardoyo

Abstract


Resort Pemangku Hutan Mangunan merupakan salah satu kawasan yang memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata berbasis masyarakat. Belum optimalnya pengembangan pariwisata di RPH Mangunan dikarenakan beberapa faktor salah satunya adalah peran serta masyarakat yang dilihat dari beberapa kelompok stakeholder. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi produk wisata dan peran serta masyarakat sebagai stakeholders di RPH Mangunan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan responden baik internal maupun eksternal RPH Mangunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kualitas produk wisata di RPH Mangunan berada pada kategori baik, dan 2) terdapat beberapa kelompok stakeholder yaitu masyarakat lokal, pengusaha wisata, operator masing-masing kawasan wisata, Koperasi Notowono, pemerintah, dan lembaga-lembaga lokal masyarakat yang masing-masing memiliki peran dan kepentingan di RPH Mangunan.

References


Jurnal

Rietbergen-McCracken, J and D. Narayan. 1998. Participation and Social Assessment : Tools and Techniques. International Bank for Reconstruction and Development/The World Bank. Washington, D.C.

Tovmasyan, Gayane, (2016). Tourism Development Trends in the World. European Journal of Economic Studies, Vol. 17 No 3 Hal: 429-434.

Buku

Demartoto, Argyo. 2013. Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat. Surakarta: UNS Press.

Gartner, William C. 1996. Tourism Development: Principles, Processes, and Policies. New York: Van Nostrand Reinhold.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang:

Badan Penerbit UNDIP.

Mas’ud, Fuad. 2004. “Survai Diagnosis Organisasional,” Badan Penerbit

Universitas Diponegoro, Semarang.

Wardiyanta. 2006. Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi

Laporan Tidak Terpublikasi

Baiquni, M. 2013. Refleksi Pelaksanaan Tata Kelola Destinasi Pariwisata. Naskah dalam Konferensi Nasional Manado. Manado: Destination Management Organization (DMO).

Informasi Internet

Kemenpar. 2017. Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA). Alamat situs: http://www.kemenpar.go.id/asp/index.asp. Diakses tanggal 30 Agustus 2017.

[diakses pada 18 Maret 2018].


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/jsig.v2i1.222

Article metrics

Abstract views : 115 | views : 44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL SAINS INFORMASI GEOGRAFI



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional. ISSN (online): 2614-1671

 

Indexing Site :

Web
Analytics JSIG Stats