ANALISIS KERENTANAN DAN KUALITAS AIRTANAH BEBAS DI KOTA MATARAM (Analysis of Vulnerability and Quality of Unconfined Groundwater in The City of Mataram)

La Musa, Ig. I. Setiawan Purnama, Slamet Suprayogi

Abstract


Kerentanan airtanah merupakan suatu kondisi yang menggambarkan mudahnya zat pencemar dalam mempengaruhi airtanah. beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kerentanan airtanah bebas diantaranya kedalaman muka airtanah, jenis akuifer dan jenis litologi diatas akuifer. Kelas mutu air merupakan peringkat kualitas air yang di nilai masih layak untuk dimanfaatkan berdasarkan hasil uji parameter kualitas air.
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Menganalisis persebaran dan tingkat kerentanan airtanah bebas terhadap pencemaran dengan menggunakan metode GOD di Kota Mataram.2). Menganalisis kualitas airtanah bebas menurut parameter fisika, kimia dan biologi di Kota Mataram.
Hasil penelitian menunjukan bahwa airtanah bebas di Kota Mataram memiliki potensi kerentanan sedang terhadap pencemaran, berdasarkan hasil uji laboratorium sampel airtanah, ditemukan beberapa sampel yang telah melampaui batas maksimum seperti 1). .Daya Hantar Listrik terdapat pada sampel 1, sampel 3, sampel 4, sampel 14 dan sampel 16 yang terletak di Kelurahan Ampenan Utara, Keluran Dayan Peken, dan kelurahan Ampenan Tengah. 2). Total dissolved solid (TDS) yang terdapat pada hamper seluruh sampel, kecuali sampel 13.3). Bakteri Colliform yang terdapat pada sampel 3, sampel 4, sampel 9, sampel 15, sampel 24 dan sampel 33.

Kata Kunci : Kerentanan airtanah bebas, Metode GOD, Kualitas airtanah bebas

References


Badan Pusat Statistik, 2017.Kota Mataram dalam angka, 2017

Damaryanto, dan Hadipurwo, S. 2006. Konservasi sebagai upaya penyelamatan rtanah di Indonesia. Seminar Nasional, Hari air dunia. Direktorat pembinaan pengusahaan panas bumi dan pengelolaan airtanah. Direktoral jenderal mineral batubara dan panas bumi. Departemen energi dan sumberdaya manusia.

Damaryanto. Ruchiat, Syaiful. 1994. Laporan survey hidrogeologi, potensi dan pengembangan airtanah Pulau Lombok. Bandung: Direktorat geologi tata lingkungan.

Fetter. C.W 1988. Applied Hidrogeology, University Of Wisconsin, Oshkosh McMilan Publishing Company.

Juraedah. D.A 2015. Potensi airtanah bebas untuk penyediaan air domestik di Kota Mataram. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2001 pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air, Nomor 82. Jakarta. Pemerintah Republik Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 2008 Airtanah, Nomor 43. Jakarta. Pemerintah Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 1990 Syarat syarat dan pengawasan Kualitas air, Nomor 416. Jakarta. Pemerintah Republik Indonesia

Todd. D.K 1980. Ground Water Hydrology, University of California, Berkeley, Jhon Willey & Sons Inc,USA.

Widyastuti. M., Notosiswono, S., Anggayan, K. 2006. Pengembangan Metode “DRASTIC” untuk prediksi Kerentanan Airtanah Bebas Terhadap Pencemaran di Sleman. Majalah Geografi Indonesia. Yogyakarta: Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/jsig.v2i1.223

Article metrics

Abstract views : 1123 | views : 789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL SAINS INFORMASI GEOGRAFI



Lisensi Creative Commons
This work is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License .
ISSN (online): 2614-1671

 

Indexed by : (click on the image)

 


Publisher:

Program Studi Geografi, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Desa Pentadio Timur, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Indonesia
Email: [email protected]

Web Analytics JSIG StatCounter