Prosedur Pelayanan Publik (Studi Kasus Penanganan Pelayanan Pembuatan Surat Pengantar Akta Kelahiran di Desa Modelidu Kecamatan Telaga Biru)

Yanti Abas, Abdurrahman Pakaya, Trisusanti Lamangida

Abstract


This research is conducted in Modelidu Office end aimed at investigating the procedure of public service in that office.the result shows that (1) the procedure in composing certicate of birth including proposing the certificate end providing the formulir.then,the proposing process by the society is good enough end not complecated,the monitoring process is running very well,the registration book is filled very good.(2) the factors that influence are from that people in society who are not parcitipated actively and their awareness is not good enough in composing certificate of birth.The Factors that support the system are the clear policy.the service is done by procedures in that office.

Penelitian ini dilakukan di kantor desa Modelidu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pelayanan publik di Kantor desa Modelidu Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Prosedur penanganan pelayanan pembuatan pengantar akta kelahiran di kantor desa Modelidu Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo mencakup: a) pengajuan permohonan akta kelahiran dan Pemberian formulir permohonan oleh petugas pelayanan. Pengajuan permohonan oleh masyarakat sebenarnya dalam pengajuannya tidak susah dan tidak berbelit-belit. b) Pemerikasaan berkas oleh petugas pelayanan. Pemerikasaan berkas tidak ada masalah, petugas telah melaksanakan sesuai dengan prosedur yang ada yakni mengecek satu persatu kelengkapan persyaratan mulai dari surat kelahiran, kartu keluarga, ktp, ijazah. c) Pengisisan buku register dan buku ekspedisi. Proses pengisian buku registrasi dan buku ekspedisi, petugas tidak mengalami masalah. d) Penyusunan surat permohonan yang ditandatangani oleh kepala desa . Penyusunan surat pengantar permohonan pembuatan pengantar akta kelahiran tidak ada masalah. 2) faktor penghambat yang banyak dihadapi oleh petugas adalah dari masyarakat itu sendiri yang kurang partisipasi dalam kesadaran untuk melengkapi persyaratan dalam pembuatan Pengantar akta kelahiran. factor pendukung dalam prosedur pelayanan pembuatan pengantar akta kelahiran yakni adanya hukum yang jelas, petugas yang menangani sudah sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan di Desa

Keywords


Procedure of Public Service, certificate of Birth; Prosedur Pelayanan Publik, Pengantar Akta Kelahiran

Full Text:

PDF

References


Dwiyanto, Agus, (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jakarta: Raja Grafindo

Firhad, Syarifudin Butolo. (2010) dengan Judul Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Pengelola Data Elektronik Dan Perpustakaan Kota Gorontalo. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Gorontalo

Intruksi Presiden No 7 Tahun 1999 Tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

Keputusan MENPAN No.Kep/58 M.PAN/1/2002 Tentang Efektivitas Pelayanan Publik

Keputusan MENPAN No.Kep/25M.PAN/2/2004 Kebijakan Publik Tentang Pelayanan Publik

Lukman, Sampara. (1998). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Rineka Cipta

Mahmudi. (2007). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Moenir, H.A. (1995). Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nasution, S. (2000).Analisis Data Penelitian dengan Statistik.Jakarta : Bumi Aksara

Pamudji. (2009). Administrasi Negara. Jakarta; Bina Aksara

Sinambela, Lijan Poltak. (2006).Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Alfabeta

Undan-Undang Republik Indonesia No 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Bandung : Fokus Media

Waluyo. (2007). Manajemen Publik. Bandung: CV. Mandar Maju

Wijana, I Dewa Putu. (2002). Manajemen dana Pensiun. Jakarta: Rineka Cipta


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/pjia.5.2.117-126.2016

Article metrics

Abstract views : 3055 | views : 1047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yanti Abas, Abdurrahman Pakaya, Trisusanti Lamangida



Web
Analytics View Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) Stats
 
Creative Commons License

Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.