Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok

Safitri Ridwan Rangkuti, Irfan Ridwan Maksum

Abstract


Child-friendly and child-based schools are an effort to fulfill children's rights and provide quality education for children. This study aims to explain the implementation of Child Friendly School Policies established by the Ministry of Female Empowerment and Child Protection and to analyze the supporting and inhibiting factors for the implementation of Child Friendly School Policies in SMP Negeri 6 Depok. This study used a qualitative method that shows the implementation of the Child Friendly School Policy in SMPN 6 Depok been going well, assessed in the context of the process, results (output), impact (outcomes) and causality (causal connection).The factors that support the implementation of the Child Friendly School Policy at SMP Negeri 6 Depok are good and smooth communication, attitudes and commitment of all school people, coordination between the Depok Government and the School and the positive support of all school members, parents, surrounding communities. However, there are still obstacles, namely the limited school budget and the number of teachers, and the density of teacher activities that have caused the implementation of policies to be not optimal. For facilitating the implementation of child-friendly school policies, collaboration between central government and local government, schools and communities is needed. 

Sekolah yang ramah anak dan berbasis hak anak merupakan upaya memenuhi hak-hak anak dan memberi pendidikan yang berkualitas bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak yang ditetapkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Kota Depok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menunjukan implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 6 Depok sudah berjalan baik, dinilai dalam konteks proses, hasil (output), dampak (outcome) dan hubungan sebab akibat (causal connection). Faktor-faktor yang mendukung implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Kota Depok adalah komunikasi yang baik dan lancar, sikap dan komitmen seluruh warga sekolah, koordinasi antar Pemda Depok dengan Sekolah serta adanya dukungan positif seluruh warga sekolah, orang tua, masyarakat sekitar. Namun masih terdapat faktor penghambat yaitu terbatasnya anggaran sekolah dan jumlah guru serta padatnya aktivitas guru menyebabkan pelaksanaan kebijakan belum optimal. Untuk memperlancar implementasi kebijakan sekolah ramah anak dibutuhkan kerjasama antara seluruh pihak baik pemerintah pusat dan daerah, sekolah dan masyarakat


Keywords


Policy Implementation; Rights; Protection; Child; Implementasi Kebijakan; Hak; Perlindungan; Anak

Full Text:

PDF

References


Artadianti, Kiki. (2015). Implementasi Sekolah Ramah Anak (SRA) pada Sekolah Percontohan di SD Pekunden 01 Kota Semarang Sebagai Upaya Untuk Mendukung Program Kota Layak Anak (KLA). Journal Public Policy and Management Review, Volume 6, Nomor 3, Tahun 2017.

Djamaludin, Nanang, (2018). Cermin Ringkihnya KLA dan SRA di Kota Depok, diunggah pada tanggal 3 Maret 2019 dari https://www.watyutink.com/opini/Cermin-Ringkihnya-KLA-dan-SRA-di-Kota-Depok.

Dye, Thomas R. (2011). Understanding public policy. New Jersey: Pranticehall

Hill, M. and Hupe, P. (2009). Implementing Public Policy. Second Edition, SAGE Publications Inc., Thousand Oaks.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2017). Ikhtisar Data Pendidikan Tahun 2016/2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

KLA.id. (2017). Laporan Indonesia Pelaksanaan Konvensi Hak Anak diunduh dari http://www.kla.id/laporan-indonesia-pelaksanaan-konvensi-hak-anak/

Nugroho, Riant. (2014). Public Policy (Teori, Manajemen, Dinamika, Analisis, Konvergensi dan Kimia Kebijakan). Edisi Kelima Revisi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 15 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak

Peraturan Walikota Depok Nomor 10 Tahun 2017 tentang Pengembangan Kota Layak Anak.

Rahmi, Siti Suriati. (2014). Implementasi Kebijakan Publik, Unversitas Sumatera Utara.

Saraswati, Rika. (2015). Hukum Perlindungan Anak di Indonesia. Semarang. PT Citra Aditya Bakti

Sari, Ayu Kartika. (2017). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Penangulangan Kekerasan Pada Anak di SDN 3 Panggung Rejo Kabupaten Pringsewu, Unversitas Lampung.

Sekolah Anak.Com. (2018). Sekolah Ramah Anak di unduh dari https://sekolahanak.com/sekolah-ramah-anak.html

Subarsono, AG. (2005). Analisis Kebijakan Publik (Konsep, Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Subur. Qosim, Muhammad Nanang. Nugroho, Irham. (2018). Implementasi Sekolah Ramah Anak dalam Membentuk Budaya Sekolah di SDN Geger Tegalrejo. Prociding Konferensi Nasional ke-7, Asosiasi Program Pasca Sajana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPPTMA), 2018.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

UNICEF. (2012). Child Friendly School. diunggah dari https://www.unicef.org/lifeskills/index_7260.html .

Utari, Ranti Eka. (2016). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 1 Tempura Kabupaten Magelang. Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 7 Volume V Tahun 2016.

VOA Indonesia.com, KPAI : Kasus Kekerasan Anak dalam Pendidikan Meningkat Tahun 2018, diperoleh tanggal 3 Februari 2019 dari https://www.voaindonesia.com/a/kpai-kasus-kekerasan-anak-dalam-pendidikan-meningkat-tahun-2018/4718166.html

Winarno, Budi. (2016). Kebijakan Publik Era Globalisasi (Teori, Proses dan Studi Kasus Komparatif). Yogyakarta: CAPS

Wuryandani, Wuri. (2018) Implementasi Pemenuhan Hak Anak melalui Sekolah Ramah Anak, Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan Vol. 15 No. 1 Tahun 2018.

Yuliani, Wahyu Intan. (2015). Implementasi Perwali Kota Surakarta Nomor 28D Tahun 2014 Tentang Sekolah Ramah Anak (Studi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem dan SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kota Barat). Universitas Sebelas Maret Surakarta.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/pjia.8.1.38-52.2019

Article metrics

Abstract views : 4420 | views : 2634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Publik (Jurnal Ilmu Administrasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics View Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) Stats
 
Creative Commons License

Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.