Inovasi Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Pariaman

Bobi Rizki Ananda, Roni Ekha Putera, Ria Ariany

Abstract


This study aims to explain service innovations in the health sector that have been carried out by the Pariaman District General Hospital so that the services provided to the community are better. So far what has happened in the city is the presence of bad services performed by various existing hospitals in the regions so that there are people who complain about these health services. This study uses qualitative research methods with data collection techniques through interviews, observation and documentation. The informants came from the hospital and the community who performed the service. The results of this study indicate that the Pariaman Regional General Hospital has been innovating as a form of effort of the Pariaman Regional General Hospital in facilitating matters of service to the community, with the existence of innovations in the Pariaman Regional General Hospital since 2018, the quality of services has increased, things this is proven by the Community Satisfaction Index (IKM) in 2018 which is outstanding value.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan inovasi–inovasi pelayanan di bidang kesehatan yang telah dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat menjadi lebih baik. Selama ini yang terjadi di masyarakat adalah terdapatnya pelayanan buruk yang dilakukan oleh berbagai rumah sakit yang ada di daerah. Sehingga dengan demikian ada masyarakat yang mengeluhkan pelayanan kesehatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan berasal dari pihak rumah sakit dan masyarakat yang melakukan layanan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman telah melakukan inovasi sebagai bentuk upaya Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman dalam mempermudah urusan pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya inovasi di Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman tersebut semenjak tahun 2018, kualitas pelayanan semakin meningkat, hal ini dibuktikan dengan Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) pada tahun 2018 yang bernilai sangat baik.

 


Keywords


Public Service; Service Innovation; Public Health: Pelayanan Publik; Inovasi Pelayanan; Pelayanan Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Ariany, Ria, Kusdarini dan R.E, Putera, (2018). Laporan Kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman Tahun Anggaran 2018. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas Andalas

Ariany, Ria, Damsar dan R.E, Putera, (2018), model motivasi empat pilar: redisain perilaku layanan Front –liner dirumah sakit pemerintah dalam Komunitas Pembangunan dan Globalisasi, Padang, Erka, CV. Rumah Kayu Pustaka Utama bekerjasama dengan FISIP Unand.

Ariany, Ria, dan R.E, Putera (2013). Analisis Kinerja Organisasi Pemerintah dalam Memberikan Pelayanan Publik di Kota Pariaman. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 29(1), 33-40.

Azwar, Azrul. (1996), Pengantar Administrasi Kesehatan, Jakarta: Binarupa Aksara

Bata, Y, W, Alwy, Darmawansyah. (2013). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Askes Sosial pada Pelayanan Rawat Inap di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja [Laporan Penelitian]. Makassar: Universitas Hasanuddin

Dwiyanto, Agus, Dkk. (2002). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia, Yogyakarta, Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK,) UGM

Jalma, H., R.E, Putera, dan Kusdarini, K. (2019). E-Government dengan Pemanfaatan Web OpenSID dalam Pelayanan Publik di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8 (1), 24-37

Konli, Steven. (2014), Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskemas Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Jurnal Ilmu Pemerintahan. Vol 2 No 1 Tahun 2014

Kuntjoro, Tjahjono, dan Hanevi Djasri (2010), Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Sebagai Persyaratan Badan Layanan Umum dan Sarana Peningkatan Kinerja. Vol 10, No 01.Tahun 2010

Marimin, Hendri Tanjung, Haryo Prabowo. (2006). Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.

Muluk. K. (2008). Knowledge Management, Kunci Sukses Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang: Bayumedia

PERMENPAN dan RB Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik

Peraturan Gubernur (Pergub) Sumatera Barat No 91 Tahun 2012 tentang Sistim Pelayanan Jaminan Kesehatan Sakato Sumatera Barat

Peraturan Pemerintah RI Nomor 65 Tahun 2005, Tentang Pedoman Penyusunan dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM )

Safroni, Ladzi. (2012). Manajemen Dalam Reformasi Publik”. Yogyakarta. ADITYA Media Publishing,

SDP2D (Sistem DataBase Perencanaan Pembangunan Daerah). Sumbarprov.go.id

Siswanto. Analisis Trade-OffDalam Reformasi Sistim Pelayanan Kesehatan di Indonesia, Vol 13. No 2, Tahun 2010

Sugiyono, (2007), Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta

Sutopo, H.B. (2006), Metodologi Penelitian Kualitatif dasar teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press

Trisnantoro, Laksono. (2010). Ideology Apa Yang Dianut Oleh Kebijakan Kesehatan Di Indonesia, Vol. 13, No 04.

UU R1 NO 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit

Usman, Husaini, dan Purnomo Setiady Akbar. (2003). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Usman, S., Widhyharto, D., & Maika, A. (2010). Strategi Penciptaan Pelayanan Kesehatan Dasar untuk Kemudahan Akses Penduduk Desa Miskin. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 13(3), 306-323.

Widnyani, Ida Ayu Putu Sri. (2015). Administrative Reform In Health Services Through Bali Mandara Health Insurance (Jkbm) Towards Good Governance In Bali Province. Vol. 10, Nomor 2, ISSN. 1907-0489


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/pjia.8.2.167-179.2019

Article metrics

Abstract views : 4429 | views : 3271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Publik (Jurnal Ilmu Administrasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics View Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) Stats
 
Creative Commons License

Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.