Kualitas Pelayanan Publik Dalam Penyediaan Air Bersih Di Desa Bulontio Barat Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara

Apris A Tilome, Rusli Abd Idji, Rita Lakoro

Abstract


This research was conducted in the village of West Bulontio Sumalata District of North Gorontalo District. The purpose of this study was to determine the quality of service in the supply of water by taps in the village Bulontio Sumalata Western District of North Gorontalo District. A study that describes the water supply from the taps that are still not able to meet the needs of citizens, service by officials still have not been up in response to the desire of citizens, poor human resource quality is not adequate. The research result that the quality of public services addressing water supply in the village of West Bulontio Sumalata District of Gorontalo district can be quite good though not optimal and should be improved in both technical and non-technical.

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bulontio Barat Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan dalam penyediaan air bersih oleh BLU-SPAM di Desa Bulontio Barat Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Suatu penelitian yang menggambarkan Pasokan air dari BLU-SPAM yang masih belum mampu memenuhi kebutuhan warga, Pelayanan oleh aparat yang sudah maksimal dalam merespon keinginan warga, Kualitas sumber daya aparat yang belum memadai. Hasil penelitian menujukan bahwa kualitas pelayanan publik penyediaan air bersih di Desa Bulontio Barat Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo dapat dikatakan cukup baik meskipun belum optimal dan harus lebih ditingkatkan lagi baik secara teknis maupun non teknis.

Keywords


Quality;; Public; Services; Water; Kualitas; Publik; Pelayanan; Air

References


Arikunto Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta : Rineka Cipta

Creswell, John W.2010. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Edisi Ketiga, Cetakan Pertama. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Kotler, Philip, dan Kevin Lanne K. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT.Indeks

Moenir, H.A.S. 2001. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara

Maleong, Lexy J.2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remadja Resdakarya

Sampara, Lukman.2000. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Pres

Sinambela,LP. 2013. Reformasi Pelayanan Publik; Teori, Kebijakan & Implementasi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta

The Liang Gie. 2008. Administrasi Kantor Modern. Yogyakarta: Nur Cahya

Warella.2009. Administrasi Negara dan Kualitas Pelayanan Publik. Semarang : Jurnal Undiv

Wirjanti, Endang. 2006. Akuntabilitas dan Pengukuran Kinerja Pemerintah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/pjia.6.1.13-22.2017

Article metrics

Abstract views : 867 | views : 581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PUBLIK : Jurnal Ilmu Administrasi



Web
Analytics View Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) Stats
 
Creative Commons License

Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.