Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Membangun Desa Bandung Rejo Kecamatan Boliyohuto

Trisusanti Lamangida, Muh Firyal Akbar, Hasna Hasan

Abstract


The purpose of this study is to know and describe the implementation of the leadership of the village head in building the village of Bandung Rejo Boliyohuto District and To describe the leadership of the village head in building the village of Bandung Rejo Boliyohuto District. In line with the research, this research uses qualitative research, in qualitative research using qualitative method of observation, interview and document review. Based on the results of research can be concluded that the Village Head as a formal leader in the village as a motivator, facilitator and mediator is very important in determining the success of each program and the planned development plans. Therefore this function should be implemented and implemented by a village head in the framework of village development and development. In addition, village heads who are also government administrators, community administrators and development administrators have a very important role in fostering, mobilizing and increasing community participation to participate actively in village development activities. Therefore, it is necessary to have a competent, honest, wise and knowledgeable village head who is knowledgeable and skilled in organizing village government and equipped with quality village apparatus.

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi kepemimpinan kepala desa dalam membangun desa Bandung Rejo Kecamatan Boliyohuto dan Untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala desa dalam membangun desa Bandung Rejo Kecamatan Boliyohuto. Sejalan dengan penelitian, maka penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dalam penelitian kualitatif menggunakan metode kualitatif yaitu pengamatan, wawancara dan penelaahan dokumen. Berdasarkan hasil penelitan dapat di simpulkan bahwa Kepala Desa sebagai pemimpin formal di desa sebagai seorang motivator, fasilitator dan mediator sangat penting dalam menentukan keberhasilan setiap program dan rancangan pembangunan yang telah direncanakan. Oleh sebab itu fungsi ini harus dilaksanakan dan implementasikan oleh seorang kepala desa dalam rangka pengembangan dan pembangunan desa. Selain itu kepala desa juga yang merupakan administrator pemerintah, administrator masyarakat dan administrator pembangunan mempunyai peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan, menggerakkan dan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut aktif dalam kegiatan pembangunan desa. Oleh karena itu, diperlukan Kepala Desa yang cakap, jujur, bijaksana dan mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam menyelenggarakan pemerintahan desa serta dilengkapi dengan perangkat desa yang berkualitas

Keywords


Leadership; Building; Village; Kepemimpinan; Membangun; Desa

References


Abdul Wahab, Solichin, 2008. Pengantar Analisis Kebijakan Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta : Bumi Aksara

Effendi, Bactiar, 2002. Pembangunan Daerah Otonom Berkeadilan. Yogyakarta : Kurnia Kalam Semesta, Uhaindo Media dan Offoset.

Hasibuan, Malayu S.P., 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Jakarta : PT. Bumi Aksara

Moleong, J. Lexy, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosda Karya

Moch, Solekhan, 2012, Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.. Malang : Setara

Permadi K, 2001. Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Syafiie, Kencana Inu, 2011. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia (SANRI). Jakarta : Bumi Aksara.

Soemantri, Bambang Trisantono, 2010, Pedoman Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Fokusmedia,

Siagian, Sondang. P, 2005. Administrasi pembangunan. Jakarta : Bumi aksara

Sumaryadi, I. Nyoman, 2005, Perencanaan Pembangunan Daerah Otonomi dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta : Citra Utama

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Graha Ilmu, Yogyakarta

Slamet Wiyadi, 2001, Kepemimpinan Dalam Perusahaan. Jakarta : Bumi Aksara

Suharto, Edi, 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung : Refika Aditama

Widjaja. 2003. Otonomi Desa. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Yasis Ilyas, 2003, Kiat Sukses Manajemen Tim Kerja, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/pjia.6.1.68-78.2017

Article metrics

Abstract views : 3686 | views : 2831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PUBLIK : Jurnal Ilmu Administrasi



Web
Analytics View Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) Stats
 
Creative Commons License

Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.