HUBUNGAN USIA, PENDIDIKAN DAN PARITAS DENGAN PENGGUNAAN AKDR DI PUSKESMAS DOLODUO KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW

Wiwin Windasari Ibrahim, Yuliana Misar, Fatmah Zakaria

Abstract


The family planning program (KB) in Indonesia has been recognized nationally and internationally as one of the programs that has significantly reduced fertility rates. The purpose of this study was to determine the relationship between age, education and parity with the use of IUD . This research was conducted at Puskesmas Doloduo Bolaang Mongondow District on August 8 until September 30th. This research is an analytic correlation research using crosssectional approach . The population in this study are all active acceptors of 850 people in the are a of Puskesmas Doloduo Bolaang Mongondow Utara . Sample in research that researched 85 respondent, with technique of accidental sampling sampling. Based on the Research Methods show that there is a relationship of age, education, and parity with the use of akdr in Puskesmas Doloduo Bolaang Mongondow District. Because p value 0 ,025 (<0,05 ).

Program keluarga berencana (KB) di Indonesia telah diakui secara nasional dan internasional sebagai salah satu program yang telah berhasil menurunkan angka fertilitas secara nyata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan usia, pendidikan dan paritas dengan penggunaan AKDR. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Doloduo Kabupaten Bolaang Mongondow pada tanggal 08 Agustus sampai 30 September. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional . Populasi dalam penelitian ini adalah semua akseptor aktif sejumlah 850 orang di wilayah Puskesmas Doloduo Kabupaten Bolaang Mongondow. Sampel dalam penelitian yaitu diteliti 85 responden, dengan tekhnik pengambilan sample accidental sampling. Berdasarkan Metode Penelitian menunjukan bahwa ada hubungan usia, pendidikan, dan paritas dengan penggunaan akdr di Puskesmas Doloduo Kabupaten Bolaang Mongondow. Karena p value 0,025 (< 0,05).

Keywords


Age; Parity; Education; IUD; Umur; Paritas; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


BKKBN . 2016. Profil Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Bolaang Mongondow.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana. 2013. Indonesia Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow. 2016. Laporan KIA–KB, Bidang Binkesmas

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara. Badan Pusat Statistik, Sensus Penduduk 2010, http://sp2010.bps.go.id/

Erfand. 2011. Permasalahan Kontrasepsi IUD di Puskesmas.

Henri Sutanti. 2013. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Dengan Pemilihan Kontrasepsi IUD Pada Wanita Usia Subur di Desa Sepanjang Wilayah Kerja Puskesmas Sepanjang Kabupaten Banyuwangi Tahun 2013.

Saroha. 2009. Kesehatan Reproduksi dan Kontrasepsi. Trans Media Info. Jakarta KB Pasangan Usia Subur Terhadap Kehamilan Yang Tidak Diinginkan.

Suratun, dkk. 2011. Pelayanan Keluarga Berencana dan Pelayanan Kontrasepsi, Trans Info Media, Jakarta.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v8i1.296

Article metrics

Abstract views : 1517 | views : 1284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Akademika : Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika