Pengembangan Bahan Ajar Qira`ah Model Teks Dialog Untuk Siswa Kelas V SD Luqman Al-Hakim

Dzawil Al bab

Abstract


Bahan ajar sangat penting dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, proses belajar mengajar membutuhkan motivasi untuk meningkatkan kompetensi bahasa siswa. Apalagi materi yang diajarkan di SD Luqman Al-Hakim belum mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Oleh karena itu, hal ini menjadi kebutuhan untuk mengembangkan bahan ajar sehingga akan memperkuat minat mereka dalam mengembangkan kompetensi bahasa mereka. Penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Arab untuk siswa pada tingkat Basis (lil mubtadiin) sehingga tidak tergantung pada buku yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pusat Hidayatullah. Kitab al-Qira'ah Lil Mubtadiin merupakan produk buku ajar yang dihasilkan melalui hasil kebutuhan dan saran para ahli.

Keywords


Teaching materials; Qira`ah; Text dialogue

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti, Evih Novianti, dan Triyanto. “Bahan Ajar Sebagai Bagian dalam ‎Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Salaka 2, no. ‎‎1 (2020): 62–65.‎

Albar, Melani. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Multimedia ‎Interaktif pada Kelas V MIN Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang.” ‎UIN Maulana Malik Ibrahim, t.t. http://etheses.uin-‎malang.ac.id/12479/1/12760025.pdf.‎

Aminatuz Zuhriyah, Siti. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Untuk ‎Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di MI Sunan Ampel ‎Krembung Sidoarjo.” Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017. ‎http://etheses.uin-malang.ac.id/9506/1/13140096.pdf.‎

Erlina. “Pengembangan Bahan Ajar Qira’Ah Terpadu Bagi Mahasiswa Program ‎Studi Pendidikan Bahasa Arab.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan ‎Pendidikan Bahasa Arab 9, no. 2 (2018). ‎https://doi.org/10.24042/albayan.v9i2.2242.‎

Hamid, M Abdul. Pembelajaran bahasa Arab: Pendekatan, metode, strategi, ‎materi, dan media. 1 ed. Malang: UIN-Maliki Press, 2008.‎

Kamal, M. “Research And Development (R&D) Tadribat / Drill Madrasah Aliyah ‎Class X Teaching Materials Arabic Language.” Santhet: Jurnal Sejarah, ‎Pendidikan Dan Humaniora 4, no. 1 (2020): 10–18. ‎https://doi.org/10.36526/js.v3i2.‎

Nurcholis, Ahmad, Syaikhu Ihsan Hidayatullah, dan Muhamad Asngad ‎Rudisunhaji. “Karakteristik dan Fungsi Qira’ah dalam Era Literasi Digital.” ‎El-Tsaqafah Jurnal Jurusan PBA 18, no. 2 (2019): 131–46.‎

Sugiono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Cetakan ke-22. ‎Bandung: Alfabeta, 2015.‎


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.10.2.348-359.2021

Article metrics

Abstract views : 363 | views : 236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dzawil Al bab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter