PENGEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB: Studi Analisis Teori Motivasi Pembelajaran
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengungkap faktor yang mempengaruhi, mendukung dan menghambat motivasi belajar secara internal dan eksternal. Faktor internal adalah diri dan kemampuan peserta didik pada tahap awal, sedangkan faktor eksternal adalah hubungan stimulus dan respon peserta didik di lingkungan dalam maupun luar sekolah. Artikel ini menggunakan metode riset kepustakaan. Hasil temuan menunjukkan bahwa pengembangan motivasi pembelajaran bahasa Arab masih mengalami berbagai kendala. Kendala tersebut dipengaruhi oleh empat faktor yaitu: faktor edukatif, faktor sosial budaya, faktor linguistik bahasa Arab, faktor politik dan diplomasi luar negeri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Mas’adi, Ghufron. Sejarah Islam dan Awal Tangga Runtuhnya Dinasti Usmani Tarikh Pro Modern. Cet. 1; Jakarta: Raja Grapindo Persada, 1997.
al-Abbas, Ahmad bin Abdul al-Halim bin Taimiyah al-Harrani Abu. Iqtidā’u al-Sirāti al-Mustaqīm Mukhālafatu Asābil al-Jahīm, Dikutip dari CD al-Maktabah al-Syāmilah V. 3.5.
Azra, Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII, Melacak Akar-akar Pembaruan Pemikiran Islam di Indonesia. Cet. 4; Bandung: Mizan, 1998.
Departemen Agama RI., al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci al-Qur’an, 2006.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Cet. 2; Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Fuad Abdu al-Bāqi, Muhammad. al-Mu’jam al-Mufahras li al-Fāz al-Qur’ān al-Karīm. Beirut: Libanon Dar al-Fikr, 1987 M./1407 H.
Fuad, Faturahman. Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab (Studi di MTsN 1 Bandar Lampung), Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal) IAIN Sultan Amai Gorontalo, Vol. 5, No. 2, 2019. From: http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al/article/view/760/667
Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar. Cet. 4; Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004.
http://sofyan. Blogspot, com, diakses tanggal 13 Januari 2011.
Ibnu Katsir, Abu al-Fida Ismail. Tafsir al-Qur’an al-Azim, ditahqiq dan ditakhrij hadis-hadisnya oleh haniy al-Hajj Jilid IV, Mesir: al-Maktabah al-Tauqifiyyah, t. th.
Manzur, Ibnu. Lisān al-‘Arab. Kairo: Dar al-Ma’arif, t. th.
Qardāwi, Yusuf. al-Niyyatu wa al-Ikhlās. t. th. dari CD Maktabah al-Ma’arif al-Islamiyyah Vol.1.
Rusyana, Yus. Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Cet. 1; Bandung: Diponegoro, 1984.
Sarif, Suharia. Pengembangan Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab, “A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, Vol. 6, No. 1, 2017. From http://journal.umgo.ac.id/index.php/AJamiy/article/view/323
al-Syafi’i, Muhammad ibn Idris. al-Risalah. ditahqiq oleh Ahmad Muhammad Syakir Beirut: Libanon Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, t. th.
Umam, Chatibul. Aspek-aspek Fundamental Bahasa Arab. Cet. 1; Bandung: Alma’arif, 1980.
Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Cet. 6; Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
https://www.scribd.com/doc/303521898/ARTIKEL-Motivasi-Belajar
Zulkifli, Pengembangan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar (Studi tentang Teori Motivasi Pembelajaran).from: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4607/
Article metrics
Abstract views : 1192 | views : 838Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Muh. Arif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats