Polisemi Dalam Media Online Di CNN Arabic

Umama Chumairoh, Hendra Permana

Abstract


Saat ini, berita yang dipublikasikan melalui media online memiliki banyak keunggulan dibandingkan berita yang dipublikasikan melalui media cetak. Berita dalam media online lebih cepat dan lebih mudah untuk diakses, fleksibilitas dan kapasitasnya yang luas dapat mempengaruhi para pembaca untuk memilih berita yang dipublikasikan melalui media online. Penelitian ini bertujuan untuk, menganalisis, mengatahui, menguraikan dan memahami jenis, makna, dan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya polisemi dalam bahasa arab yang terdapat pada media online di CNN Arabic. penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan dengan metode kualitatif. Melalui penelitian ini peneliti mendeskripsikan fenomena atau gejala kebahasaan yang terdapat bentuk polisemi pada kata atau frasa yang ada pada media online CNN Arabic. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik catat dengan mencatat potongan kalimat-kalimat di dalam media online CNN Arabic melalui tabel disertai makna, kalimat, dan jenis katanya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa polisemi adalah kata yang mengandung makna lebih dari satu. Dalam media online CNN Arabic terdapat beberapa jenis polisemi. Pembagian polisemi dari hasil analisis yang dilakukan peneliti berdasarkan kelas kata pada media online CNN Arabic diantaranya yakni polisemi kata verba, polisemi kata nomina, dan polisemi kata adjektiva.

 


Keywords


CNN Arabic, Polisemi, Semantik

Full Text:

PDF

References


Alfianti, Y. D., Astuty, A., & Wijayanti, A. (2021). Polisemi dalam Judul Berita Online Portal Detik. com Edisi Tahun 2020 dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 13-19.

Arabic.cnn.com. (2022, 17 Oktober). ‘Alaina an natawaqqofa anil kadzib barlumani rusia yathlubu al-masuliina bikasyfi haqiqoh tathowwaroti al-Harb fii ukraniya, dari https://arabic.cnn.com/world/article/2022/10/07/russian-lawmaker-urges-senior-officials-to-tell-the-truth-about-battle, diakses pada 22 oktober 2022.

Arabic.cnn.com. (2022, 24 November). qothroh al-’Aini laisat likulli syai’i mata yajibu ‘alaika ad-Dzahaba lithobibi al-’Uyuni, diakses dari https://arabic.cnn.com/health/article/2022/11/24/when-to-visit-eye-doctor, pada tanggal 25 November 2022.

Arabic.cnn.com. (2022, 25 November). Elon Muks yu’linu qoroori bisya’ni al-Hisabaati al-Mahdhuroti fii twitter, dari https://arabic.cnn.com/business/article/2022/11/25/elon-musk-banned-twitter-accounts di akses pada tanggal 27 November 2022.

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Ferawati, D. (2018). Polisemi Dalam Bahasa Arab. Cross-border, 1(1), 308-318.

Gani, S., & Arsyad, B. (2019). Fenomena Al-Isytirak Al-Lafzi Dalam Al-Quran. A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 6(1), 1-16.

Luqman, L. Al-Musytarak Al-Lafdzy Mendekonstruksi Argumen Tafsir Tekstual-Luqman. Jurnal Ibn Abbas, 1(2).

Munawwir, A.W. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap (edisi ketiga). Surabya: Pustaka Progressif.

Murdianto, M. T. (2022). 8 Ragam Relasi Makna Dalam Bahasa Indonesia Beserta Contohnya. IDN Times. diakses dari https://www.idntimes.com/life/education/muhammad-tarmizi-murdianto/relasi-makna-dalam-bahasa-indonesia, pada tanggal 14 Oktober 2022.

Nurhadi, R. (2019). Logika Relasi Makna Dalam Penafsiran Al-Qur’an. Jurnal al-muntaha.

Pa, M. T., Hussin, M., Rifa’in, S., & Rifain, M. (2020). Penggunaan Polisemi Dalam al-Quran al-Karim. JALL| Journal of Arabic Linguistics and Literature, 2(2), 76-92.

Siompu, N. A. (2019). Relasi Makna dalam Kajian Semantik Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 690-701.

Suaibah, A. Polisemi dalam surat kabar Media Indonesia rubrik politik edisi Maret 2015 dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMP (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).

Suhada, O. K. (2022). Polisemi Pada Kosakata Anggota Tubuh dalam Bahasa Arab. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 3(2), 121-138.

Yasin, A., & Ahmad, A. (2021). Al-Musytarak Al-Lafdzi Fii Al-Qur'an Al-Karim (Lafdzah Al-Hikmah Namudzajan). LISANUDHAD, 8(1).


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.12.2.337-346.2023

Article metrics

Abstract views : 362 | views : 109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 `A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter