Kesalahan Berbahasa Arab Mahasiswa Tataran Sintaksis dalam Penulisan Insya’

Suharia Sarif

Abstract


Identifying Arabic errors among students is important for teaching staff, to determine the right lag in choosing the next learning strategy. The purpose of the study was to analyze the forms of Arabic errors at the syntactic level in writing insya' students in Arabic Language Education at IAIN Sultan Amai Gorontalo. This research is descriptive research with a type of qualitative research, which is to obtain an overview of syntactic errors on worksheets insya' by students. The results of the analysis found errors at the syntactic level which include: 1) errors in the use of the number of ismiyah, 2) errors in the number of fi'liyah, 3) errors in the use of na’tu and man’u>t, 4) errors in the arrangement of at}fu and ma’t}u>f ilaih.

Keywords


Bahasa Arab; Kesalahan; Sintaksis

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Aji, Ananta Bayu, Elfina Istikhomah, M. Zidane Yusi Al Majid, and Chafit Ulya, ‘Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Semantik Pada Berita Daring Laman Sindonews.Com’, Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 2.2 (2021), 65–70

Alber, Alber, and Rhani Febria, ‘Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis Dalam Kumpulan Makalah Mahasiswa Universitas Islam Riau’, GERAM (Gerakan AKtif Menulis), 6.2 (2018), 77–90

Alber, Alber, and Hermaliza Hermaliza, ‘Kemampuan Menganalisis Kesalahan Berbahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Islam Riau’, Jurnal Sastra Indonesia, 9.1 (2020), 1–10

Arsyad, Berti, and Sriwahyuningsih R. Saleh, ‘Desain Instrumen Penilaian Ranah Psikomotorik Pada Pembelajaran Bahasa Arab’, JAEL: Journal of Arabic Education and Linguistic, 2.2 (2022), 53–63

Aziza, Lady Farah, and Ariadi Muliansyah, ‘Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif’, El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19.1 (2020), 56–71

Basid, Abdul, ‘A New Perspective on Al-Jumlah Ismiyah and Fi ’ Liyah in the Context of Al- Qawaid Al-Asasiyah Fi Ulumil Quran by Sayyid Muhammad Alawy Al- Makky’, AL YASINI: JURNAL KEISLAMAN, SOSIAL, HUKUM DAN PENDIDIKAN, 08.36 (2023), 55–69

Diyak Ulrahman Mat Saad, Hibriyatul Rifhan Abu Bakar, and Hanis Najwa Shaharuddin, ‘Analisis Kesalahan Morfologi Penulisan Akademik Bahasa Arab Di Kalangan Pelajar Bukan Penutur Jati : Kajian Korpus’, E-JURNAL BAHASA DAN LINGUISTIK, 3.1 (2021), 44–55

Dzakiruddin, Muhammad, and Junaedi Junaedi, ‘Kesalahan Berbahasa: Sebuah Analisis Dan Implementasi Dalam Penelitian Bahasa Arab’, EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 11.1 (2022), 1

Gani, Saida, and Berti Arsyad, ‘KAJIAN TEORITIS STRUKTUR INTERNAL BAHASA (Fonologi, Morfologi, Sintaksis, Dan Semantik)’, `A Jamiy : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 7.1 (2019), 1

Haniah, Haniah, ‘Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Arab’, Arabi : Journal of Arabic Studies, 3.1 (2018), 23

Hendri, Muspika, ‘Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif’, POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3.2 (2017), 196

Indriana, Dina, ‘Evaluasi Pembelajaran Dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Al-Ittijah : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 10.2 (2018), 34

Kamal, M Syaiful, ‘Perbandingan Struktur Kata Sifat Dalam Bahasa Arab Dengan Bahasa Indonesia’, Lisanuna: Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 8.2 (2018), 184–93

Kusuma, Emy Rizta, and Afiyah Nur Kayati, ‘Pola Kesalahan Berbahasa Pada Pembelajaran BIPA Program Darmasiswa’, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 8.1 (2023), 18–23

Munawarah, Munawarah, and Zulkiflih Zulkiflih, ‘Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah Al-Kitabah) Dalam Bahasa Arab’, Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1.2 (2021), 22

Nisa, Khairun, ‘Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Berita Dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru’, Jurnal Bindo Sastra, 2.2 (2018), 218

Nurcahyaningtias, Novia Dwi, ‘Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Pelajaran Insya ’ Siswa Kelas IV KMI Pondok Modern Ar-Risalah’, MAHIRAH: Journal of Arabic Studies, 1.2 (2021), 87–96

Nurwicaksono, Bayu Dwi, and Diah Amelia, ‘Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Ilmiah Mahasiswa’, AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2.2 (2018), 138–53

Pangestika, Ariza Hasna, V Teguh Suharto, Dhika Puspitasari, Analisis Kesalahan, and Teks Ulasan, ‘Analisis Kesalahan, Linguistik, Morfologi, Sintaksis, Teks Ulasan’, Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10.2 (2022), 114–24

Prambudi, Bayu Setiawan, and Muashomah, ‘Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Lembar Jawaban Pelajaran Insya’ Bagi Siswa Di Pondok Modern Ar-Rosyid Tanjung Jabung Barat’, Shaut Al-‘Arabiyah, 10.2 (2022), 344–54

Rahmawati, R.A Putri, and Novita Rahmi, ‘Analisis Kesalahan Morfologi Dalam Insya’, An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 22.02 (2021), 243

Ramadhiyanti, Yulia, ‘Analisis Kesalahan Sintaksis Mahasiswa Dalam Menulis Paragraf Menggunakan Bahasa Inggris’, Jurnal Pendidikan Bahasa, 9.2 (2021), 276

Rappe, ‘Hal-Ihwal Jumlah Ismiyah Dalam Bahasa Arab’, JURNAL SHAUT AL-’ARABIYAH, 6.1 (2018), 1–12

Riyadi, Slamet, ‘Penggunaan Gambar Ber-Seri Dalam Pembelajaran Insya’ Muwajjah Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis’, Jurnal Warta, 48, 2016, 1–18

Saleh, Sriwahyuningsih R, Dahlia Husain, and Anggraeni M S Lagalo, ‘The Design of Psychomotor Assessment Instrument for Arabic Language Learning’, Al-Kalim: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1.1 (2022), 78–84

Sanah, Siti, Odang Odang, and Yuni Lutfiyani, ‘Model Pengembangan Keterampilan Berbahasa Arab Di Pesantren’, Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6.2 (2022), 271–93

Sanjaya, Angga Trio, ‘Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi Pada Teks Pidato Berbahasa Indonesia Karya Mahasiswa Tiongkok’, Mimesis, 4.1 (2023), 84–95

Suharto, Toto, and Ahmad Fauzi, ‘Analisis Kesalahan Sintaksis Dalam Buku Teks Bahasa Arab Untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam’, Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4.1 (2017), 20–37

Syamsiyah, Barid, ‘Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Imla’ Mahasiswa IAIN ‎Salatiga’, LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3.1 (2019), 21–44


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.12.1.220-229.2023

Article metrics

Abstract views : 283 | views : 162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 `A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter