Efektivitas Media Pembelajaran dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab

Muh. Arif

Abstract


Artikel ini mengkaji tentang pengembangan pembelajaran dengan penguasaan kosakata bahasa Arab. Artikel ini bertujuan untuk mengelaborasi sejauh mana efektivitas media pembelajaran yang diawali dengan penguasaan kosakata terlebih dahulu, sebelum keterampilan berikutnya karena kosakata adalah elemen yang penting dalam penguasaan bahasa Arab. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif sesuai permasalahan yang diangkat yaitu bagaimana efektivitas media pengembangan penguasaan kosakata bahasa Arab. Hasil  kajian dan pembahasan menunjukkan bahwa dari perangkat pembelajaran ini terdapat keefektifan pengembangan pembelajaran dalam penguasaan kosakata bahasa Arab.


Keywords


Efektivitas, Penguasaan Kosakata, Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Anggereni, Santih. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Macromedia Flash dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Materi Hukum Newton. Jurnal Biotek Vol. 4, No. 2, Desember.

Arsyad, Azhar. (2004). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Cet. 2; Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Astuti, Widi. (2016). Berbagai Strategi Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 2, Desember.

Badriah. (2015). Efektivitas Proses Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lentera Komunikasi Vol.1 No.1, Februari.

Bahri, Djamarah Syaiful dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Cet. 3; Jakarta: Rineka Cipta.

Fajriah, Zahratun. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini Vol. 9 Edisi, April.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. (2014). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Cet. 6; Bandung: Refika Aditama.

Hamid, Abdul. dkk., (2008). Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. Cet. 1; Malang: UIN Malang Press.

Hendyat, Soetopo., dan Wasty Soemanto. (1989). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. tc. Jakarta; Bina Aksara.

https://nurhibatullah.blogspot.com/(2015)/12/peranan-media-dalam-pembelajaran. Diakses pada 2 januari 2020.

Isnadi, Anom. (2016). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Dengan Metode Bernyanyi di Kelas MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta Tahun 2015/2016, Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Yogakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2019). Jakarta: Gramedia.

Khasanah, Nurrul. (2016). Peningkatan Penguasaan Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Penggunaan Media Gambar. Skripsi Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam UM Surakarta.

Luqman, Hakim Muhammad. dkk., (2019). Efektivitas Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP IT al-Huda Wonogiri, Jurnal Prosiding Seminar Nasional Geotik.

Ma’ruf, Asamani Jamal. (2012). 7 Tips Aplikasi Pakem, t.c Yogyakarta: Diva Press.

Maksudin, (2006). Media Pembelajaran Bahasa Arab, al-Arabiyyah, Vol. 2, No.1, http://digilib.uin-suka.ac.id/7953/1/MAKSUDIN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20BAHASA%20ARAB.pdf

Mardhiah, Ainun., dan Said Ali Akbar. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh, Jurnal Lantanida Vol.6, No.1.

Nugraheni, Catur. (2010). Pemanfaatan Media Gambar Sebagai Upaya Peningkatan Kosakata Bahasa Arab pada Siswa Kelas V (Lima) MI Al-Iman Banaran Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UI Semarang.

Nur, Fitri Annisa. (2018). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Penggunaan Media POP UP Pada Siswa Tunarunggu Kelas 1 SD Di SLB Damayanti Sleman. Jurnal Widia Ortodidaktika Vol.7, No.5.

Nurfaizah, Siti. (2017). Korelasi Antara Penguasaan Kosakata Bahasa Arab dengan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di SMP Bustanul ‘Ulum Bantarkawung, Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Purwokerto.

Rohmawati, Afifatu. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol.9 Edisi 1.

Rosiyana, Shilvia. dkk., (2017). Efektivitas Model Reflective Teaching bagi Peningkatan Keterampilan Berbicara dan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTS al-Irsyad Gajah Demak. Journal of Arabic Learning and Teaching Lisanul Arab Vol.6, No.1, Juni.

Salim, Peter., dan Yenni Salim. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta; Modern English Press.

Sherly, Ferlinna Vera. (2014). Efektivitas Penggunan Media Gambar Diam dalam Upaya Meningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Mandiraja Banjarnegara Jawa Tengah Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Suyana, Nana. (2017). Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa SMP melalui Penggunaan Media Daftar Kosakata. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol.1, No.1, Februari.

Triyono, Muhammad Dwi. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif di Kampung Arab Kebumen, http://digilib.uin-suka.ac.id/28950/1/1520411065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.9.1.1-15.2020

Article metrics

Abstract views : 6992 | views : 4178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muh. Arif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter