PEMBELAJARAN MUHA>DAS|AH DAN PROBLEMATIKANYA DI MTS MA’HAD HADITS AL-JUNAIDIYAH BIRU KABUPATEN BONE

Suharia Sarif

Abstract


Bentuk pelaksanaan pembelajaran Muha>das\ah di MTs Ma’had Hadits al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone dilakukan dengan beberapa teknik pembelajaran yaitu :  pemberian kosakata, latihan tanya jawab, latihan menebak kata, latihan wawancara, latihan menyusun dan menyambung kalimat, latihan menghafal dialog, latihan menyayi, latihan bermain peran, latihan dialog terpimpin, latihan pengungkapan bebas, latihan mengidentifikasi kalimat, bercerita berdasarkan topik, praktek pola kalimat, latihan percakapan. Adapun metode yang digunakan tidak terfokus pada satu metode saja melainkan disesuaikan dengan materi pembelajaran maupun kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan. Akan tetapi media pembelajaran yang digunakan masih menggunakan media yang seadanya.

Kemampuan mereka dalam mengimplementasikan bahasa Arab dalam kesehariannya masih sangat minim sekali. Faktor penghambatnya berasal dari faktor linguistik yakni kemampuan siswa itu sendiri dalam berbahasa dan non lingustik berasal dari dari luar kemampuan siswa dalam berbahasa seperti : guru, media, lingkungan dan hal lainnya yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tersebut

Keywords


Muhadasah; Problematika; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Muhammad Abd al-Qa>dir. Turuq Ta’lim al-Lugat al-‘Arabiyyah. Cet.I; Cairo: Maktabah al-Nahdah al-Misriyyah, 1979.

Ahmad, Kadir. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Makassar: Indobis Media Centre, 2003.

Akbar, Husaini Usman dan Purnomo Setiadi. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Anwar, Tayar Yusuf dan Syaiful. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Cet.I; Jakarta: Rajawali Pers, 1997.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Alwasilah, Furqanul Aziez dan A. Chaedar. Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan praktek. Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.

---------.,Pengajaran Bahasa Komunikatif. Cet. II; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Cet. XI; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Bungin, Burhan. Analisis Data Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Cet. III; Jakarta: Rajawali Press, 2009.

Danim, Sudarwan. Media Komunikasi Pendidikan. Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Drajat, Zakiyah. Metode khusus Pengajaran Agama Islam. Cet. III; Jakarta: Bumi Akasara, 2004.

Effendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2009.

---------.,Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Cet.III; Malang: Misykat, 2005.

Getteng, H. Abd. Rahman. Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika. Makassar: Alauddin University Press, 2012.

Gulo, W. Strategi Belajar Mengajar, Ed. R. Masri Sareb Putra. Jakarta: Grasindo, 2002.

Haddade, Hasyim. Permainan Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Teori dan Aplikasinya. Cet. I; Makassar : Alauddin Press, 2013.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Cet. XIII; Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Hamid dkk, Abdul. Pembelajaran bahasa Arab (Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media). Malang: UIN Press, 2008.

---------.,Pembelajaran Bahasa Arab “Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media”. Cet I; Yogyakarta: Sukses Offset, 2008.

Haryono, Rudy. Kamus Inggris –Indonesia. Jombang: Lintas Media, 2008.

Hasibuan, Lias. Kurikulum Pemikiran Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada, 2010.

Hasrat, Abdul Waris. http://warishasrat.blogspot.com/2014/07/sekilas-tentang-pesantren-modern-al.html diakses : Jumat 11 April 2015 jam 14:15 wita.

Hermawan, Acep. Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. I; Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.

----------.,Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. III; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Ibrahim, ‘Abdul ‘Alim. al-Muwajjah al-Fanni> lil Mudarrisi> al-Lugat al-‘Arabiyyah Da>r Ma’a>rif : t.th.

Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora, 2007.

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

Kasiram, Moh. Metodologi Penelitian Kualitatif – Kuantitatif. Malang: UIN Malang Press, 2008.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi. IV. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum, 2008.

Koentjoroningrat. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia, 1991.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Ma’luf, Luis. al-Munjid. Beirut: Darul Masyrik, 1975.

Masduki, Urip. Problematika Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah. Jakarta: Departemen Agama RI, 1997.

Mustafa, Abdul Hamid, Uril Baharudin, Bisri. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media. Malang: UIN Malang Press, 2008.

Mu’in, Abdul. Analisis Kontrastif Bahasa Arab & Bahasa Indonesia “Telaah Terhadap Fonetik dan Morfologi”. Cet. I; Jakarta: Pustaka al-Husna Baru, 2004.

Muhajir, Neong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. VIII; Yogyakarta: Rake Selatan, 1998.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. XXVII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Nata, Abuddin. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam: Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Edisi I. Cet. III; Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2003.

Nasution, S. Asas-asas Kurikulum. Cet. V; Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

---------.,Metode Naturalistik Kualitatif . Cet.I; Bandung : Tarsito, 1996.

Nuha, Ulin. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. I; Yogyakarta: DIVA Press, 2012.

Nuha, Ulin. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. I; Jogjakarta: DIVA Press, 2012.

Peraturan Pemerintah RI dan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Republik Indonesia. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Rahman, Nur Mufid dan Kaserun AS. Buku Pintar Menerjemah Arab – Indonesia. Cet. I; Surabaya: Pustaka Progresif, 2007.

Rahman, Dudung Abdul. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2003.

Riana, Cepi. Modul 6 Komponen-komponen Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2007.

Syafi’I, Imam. Retorika Dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud, 1988.

Sudrajat, Akhmad. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/24/download-pengembangan-bahan-ajar/ di akses : Sabtu, 13 Desember 2014.

Suhendar, Iskandarwassid dan Dadang. Strategi Pembelajaran Bahasa. Cet. I; Bandung: Rosdakarya, 2008.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Cet.VII; Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004.

Surayabarta, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Cet. I; Jakarta: Renika Cipta , 1997.

Suryabarta, Sumardi. Psikologi Pendidikan. Cet. XII; Jakarta: Raja Grafindo, 2004.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet. XI; Bandung: Alfabeta, 2010.

Tarigan, Henry Guntur. Pengajaran kosakata. Bandung: Penerbit Angkasa, 1986.

---------.,Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa, 1986.

Thu’aimah, Rusydi Ahmad. Ta’lim al-Lugah li Ghairi Nathiqina Biha: Mana>hijuhu wa Asa>libuhu. Ar-Ribat : UCESCO, 1989.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Premada Media Group, 2010.

Tim Penyususn Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah; Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi dan Laporan Penelitian. Cet. I; Makassar: Alauddin Press, 2013.

Umam, Chatibul. Problematika Pengajaran Bahasa Arab (Jurnal al-Turas, 1999.

Uno, Hamzah B. Profesi Kependidikan Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Cet. VI; Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Wahid, Abdurrahman. Prospek Pengembangan Bahasa Arab di Indonesia : Pendorong dan Kendalanya dalam Qimah, Edisi. III. Surabaya: Fakultas Adab, 1990.

Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Cet. I; Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah al-Qur’an, 1973.

Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Cet. I; Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah al-Qur’an, 1973.

Zaini, Hisyam dkk. Strategi Pembelajaran Aktif “edisi revisi”. Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development, 2004.

Zulhannan. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Cet. I; Jakarta: Rajawali Pers, 2014.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.5.1.94-116.2016

Article metrics

Abstract views : 261 | views : 279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Suharia Sarif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter