Persepsi Guru dan Siswa terhadap Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Mind Mapping

Berti Arsyad, Suharia Sarif, Sitti Khasriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi Siswa dan Guru Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Gorontalo terhadap buku ajar Bahasa Arab Kurikulum 2013 dan persepsi Siswa dan Guru Madrasah Tsanawiyah terhadap bahan ajar bahasa arab berbasis mind mapping. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif, dengan sumber data diperoleh dari hasil kuisioner dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Guru mata pelajaran dan siswa Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Gorontalo meniali bahwa bahan ajar bahasa arab dalam hal ini buku bahasa arab kurikulum 2013 sudah baik dan tepat digunakan, hal ini dibuktikan dengan hasil persentase mencapai 80%. (2) Persepsi Guru mata pelajaran bahasa Arab dan Siswa Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Gorontalo terhadap bahan ajar bahasa Arab berbasis mind mapping sangat baik, dan sangat tepat digunakan dalam mendukung bahan ajar yang ada, dengan dibuktikan hasil persentase penilaian siswa 90% dengan kualifikasi “sangat baik”.

Keywords


Persepsi; Bahasa Arab; Mind Mapping

Full Text:

PDF

References


Amrina, N. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Mind Mapping dan Geogebra dengan Pendekatan RME pada Materi Persamaan Garis Lurus. Aksioma. https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1414

Arif, A. H., & Andy Eddy. (2019). Desain Modul Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Mind Mapping. Jurnal Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.184

Qondias, D., Anu, E. L., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping SD Kabupaten Ngada Flores. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 176–182. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8590

Seena, E., & Nashirudin. (2019). Eksperimentasi Metode Mind Map pada Pembelajaran Nahwu Bahasa Arab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-05

Sirojuddin, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Mind Map Berbasis Aurora 3D Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Unggulan Al-Yasini. In Sekolah Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Suryanda, A., Putri Azrai, E., & Julita, A. (2019). Validasi Ahli pada Pengembangan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map (BIOMAP). BIODIK. https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.6879

Tiharita, R., & Anix, E. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Map Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 1 Anjatan Kabupaten Indramayu. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i1.933

Yuniati, Y., Leksono, I. P., & Subandowo, M. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berkonsep Mind Mapping di SMA. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6976

Yusneti, Y. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 010 Talontam Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal pajar (Pendidikan Dan Pengajaran). https://doi.org/10.33578/pjr.v3i2.7017


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.10.1.116-129.2021

Article metrics

Abstract views : 692 | views : 462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Berti Arsyad, Suharia Sarif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter