Model Pembelajaran Teams Games Turnament (TGT) Sebagai Alternatif Pembelajaran Maharah Kitabah

muhammad anas, Muassomah Muassomah

Abstract


 

Penelitian ini didasarkan pada kurangnya minat belajar siswa-siswi SMP Islam Sabilurrasyad Malang terhadap pembelajaran bahasa Arab serta kesulitan yang dialami ketika pembelajaran Maharah Kitabah. Latar belakang siswa yang berbeda ikut andil menentukan hasil belajar masing-masing siswa. Selain itu pembelajaran juga lebih sering menggunkan metode ceramah yang tidak memberikan kesempatan siswa dalam melatih kemampuannya terkait Maharah Kitabah, sehingga pembelajaran dirasa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan menganalis kebutuhan siswa dan masalah yang dihadapinya serta memberikan alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran, memberikan kesempatan siswa dalam mengasah kemampuan Maharah Kitabah serta mengatasi perbedaan latar belakang siswa dan kemampuannya terkait Maharah Kitabah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk menggali informasi dan data di lapangan terkait masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran Maharah Kitabah. Data penelitian ini digali dari siswa dan guru bahasa Arab serta pihak-pihak yang terkait dengan pembelajaran bahasa Arab dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan adanya kesesuaian terkait masalah yang dihadapi siswa SMP Islam Sabilurrasyad apabila menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT) sebagai upaya untuk mengatasi masalah dan meningkatkan minat serta hasil belajar Maharah Kitabah.


Keywords


Maharah Kitabah; Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe Teams Games Turnament (TGT)

Full Text:

PDF

References


Afandi, Muhamad, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, (Semarang: UNISSULA PRESS, 2013)

Efendy, Ahmad Fuad, Metode Pengajaran Bahasa Arab, (Malang: Misykat, 2004)

Fakhrurrozi, Aziz, dan Erta Mahyudin, Pembelajaran Bahasa Arab, (Cct II, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Kementrian Agama RI)

Hamid, Abdul, Mengukur Kemampuan Bahasa Arab untuk Studi Islam, (Malang: UIN Maliki Press, 2013)

Helmiati, Model Pembelajaran, (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012)

Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Cct IV; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014)

Jacobsen, David A., Methods for Teacing Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Peserta Didik TK-SMA, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012)

Mulyono, Strategi Pembelajaran, (Malang : UIN-Maliki Press, 2012)

Nurdyansyah, M. Musfiqon, Pendekatan Pembelajaran Saintifik, (Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015)

Pratama, Bunga Chika, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Di Tinjau Dari Gaya Belajar Siswa Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 3 (2) pp. 84-88, (Semarang :PGSD, Universitas PGRI Semarang,2019)

Purwitasari, Anis, Keterampilan Guru Dalam memilih Strategi Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Gaya Belajar Siswa Di MIM PK Kartasura, Naskah Publikasi Skripsi, (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019)

Rahmania, Lady, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Dengan Bantuan Question Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Persamaan Kuadrat Kelas X Di Sma Negeri 6 Kediri ( Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017)

Ratnaningtyas, Oktavia, Pembelajaran Menulis Bahasa Arab di Program Khusus Perkuliahan Bahasa Arab (PKPBA) Universitas Islam Negeri Malang, Tafaqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman Volume 3, Nomor 2, Desember 2015, (Jombang: Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang, 2015)

Rochmanto, Yanto, Penerapan Model Pembelajaran Tgt (Team Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Dengan Memanfaatkan Facebook Sebagai Media Pembelajaran (Semarang : Universitas Negeri Semarang, 2015)

Rosyidah, Ainun dan Abdul Basid, Analisis Diagnostik Kesulitan Belajar Maharah al-Kitabah Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Angkatan 2015 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, ( Malang, 2017)

Salvin, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010)

Slameto, Belajar dan Faktor - Faktor Belajar yang Mempengaruhi, )Jakarta: Rineka Cipta, 1995)

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1998)

Suherman, Erman, dkk, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, (Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2003)

Suprijono, Agus, Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011)

Suprijono, Agus, Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011 ), h. 58.

Tarigan, Henry Guntur, Menulis sebagai keterampilan berbahasa, (Bandung: Angkasa, 1994)

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012)

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2011)

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2011)

Umamah, M., & Muassomah, M. Pembelajaran Daring Melalui Teknik Kolaboratif pada Keterampilan Menulis Peserta didik di SMA Darul Qur’an Kota Mojokerto. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 3(2), 88-100.

Wafa, Ahris Choiri, Problematika Pembelajaran Maharah al-Kitabah Siswa Kelas X MAN Tempel Sleman, ( Yogyakarta, 2004)

Wibowo, Dwi Cahyadi, Aspek-Aspek keterampilan dalam pendidikan bahasa, http:// DWI CAHYADI WIBOWO: aspek-aspek keterampilan dalam pendidikan bahasa. diakses pada 23 maret 2014

أحمد محمود عليان، المهارة اللغوية مهيّتها وطروق االتدرسها، ( رياض: دار المسلم،1992 )

محمد صالح الشنطى، المهارات اللغوية مدخل إلى خصائص اللغة العربية فنونها، (المملكة العربية السعودية: دار الأندلس للنشر والتوزيع، 1996م)


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.10.1.29-46.2021

Article metrics

Abstract views : 1088 | views : 679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 muhammad anas, Muassomah muassomah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter