Situation Method dalam Pembelajaran Sharaf di Era Revolusi Industri 4.0

hisam ahyani

Abstract


Dalam proses belajar mengajar tanpa adanya metode, maka seorang Guru atau Dosen akan kesulitan dalam menyampaikan materi yang hendak disampaikan. Di Era yang serba digital ini yakni yang biasa disebut dengan Era Revlusi Industri 4.0 masih banyak Guru atau Dosen yang kebingungan mengatasi permasalahan metode ajar yang hendak digunakan. Berangkat dari permasalahan inilah penulis berkeinginan memaparkan metode pembelajaran pada mata kuliah bahasa arab (pembelajaran Sharaf)serta menganalisa metode pembelajaran tersebut yang tentunya metode pembelajaran yang digunakan adalah metode yang sangat relevan dan Up to Date di zaman sekarang (Era Revolusi Industri 4.0). Mata kuliah Bahasa arab  (Khususnya pembelajaran Sharaf) dapat dikatakan memiliki karakteristik yang cukup rumit, yang mana perlu memperbanyak hafalan yang memungkinkan siswa dapat menguasai materi Sharaf tersebut. Akan tetapi perlu diketahui dalam proses belajar mengajar tidak boleh adanya penekanan, hal ini dikarenakan akan menjadikan psikis Siswa menjadi lemah. Untuk itu penulis menawarkan sebuah metode yang jitu untuk pembelajaran Sharaf yaitu“Metode Memperhatikan Situasi” (SituationMethod) sebagai jawabannya. Metode ini diterapkan guna memudahkan siswa dalam mempelajari Materi Sharaf tanpa menekan pada Psikis Siswa. .


Keywords


Situation Method, Pendekatan Pembelajaran, Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Cipta.

Arsyad, A. (2003). Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Hadi, S. (2001). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi.

Hamdayana, Jumanta. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Kalam Mulia, 2008.

Rosyidi, A. W. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.

Sudaryanto. (1998). Metode Linguistik. Jakarta: Raja Grafindo.

Yusuf, T., & Anwar, S. (1997). Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Abduloh, A. Y. and Ahyani, H. (2020) ‘Pendidikan Hati Menurut Al-Ghazali (Keajaiban Hati: Penjelasan Tentang Perbedaan Antara Dua Maqom)’, Jurnal Tawadhu, 4(2), pp. 1209–1227.

Ahyani, H. (2015). Metode Pembelajaran Fi’il Mu’tal dalam Bahasa Arab. Purwokerto: IAIN Purwkerto.

Akhyar Amnar, NIM 10420002. 2015. “Analisis Buku Teks ‘Metode Belajar Ilmu Sharaf’ Karya Ust. Maftuh Ahnan (Kajian Metode dan Materi Pembelajaran).” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Amrullah, Ahmad Syahid. 2020. “Belajar Nahwu Sharaf Metode Jari.” Diambil 5 Januari 2021 (https://hariman-gunadi.pixa.store/nahwu-sharaf-metode-jari).

Aini Ummu Syukriya, “Implementasi PJBL dengan Media Instagram pada Keterampilan Menulis Bahasa Arab di SMA Islam P.B Soedirman 1 Bekasi,” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 5, no. 5 (2019): 389–99.

Astuti, A., Waluya, S. B. and Asikin, M. (2019) ‘Strategi Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0’, Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 2(1), pp. 469–473.

Abduloh, Agus Yosep, dan Hisam Ahyani. 2020. “Pendidikan Hati Menurut Al-Ghazali (Keajaiban Hati: Penjelasan Tentang Perbedaan Antara Dua Maqom).” Jurnal Tawadhu 4(2):1209–27.

Cholily, Yus Mochamad, Windy Tunas Putri, dan Putri Ayu Kusgiarohmah. 2019. “Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0.” Seminar & Conference Proceedings of UMT 0(0).

Fiqiyah, Maskanatul. 2020. “دعاوي إنكار الإعراب في العربية والرد عليها.” `A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 9 (2): 179–94. https://doi.org/10.31314/ajamiy.9.2.179-194.2020.

Huda, Nisa Fahmi. 2020. “Muhadatsah Learning Through Drama Performance Student Class IX Muhammadiyah Boarding School.” `A Jamiy : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 9 (2): 209–24. https://doi.org/10.31314/ajamiy.9.2.209-224.2020.

Ilmiani, Aulia Mustika, Hamidah Hamidah, Nurul Wahdah, dan Mahfuz Rizqi Mubarak. 2020. “The Implementation of Semester Learning Plan (RPS) on MaharahIstima’ Course by Using Cartoon Story Maker.” LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature 4(1):1–22. doi: 10.18326/lisania.v4i1.1-22.

Irawan, Bambang. 2020. “Application of Listening Reading Technique in Improving the Ability to Read the ‘Kitab Kuning’ of Santri.” `A Jamiy : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 9 (2): 239–51. https://doi.org/10.31314/ajamiy.9.2.239-251.2020.

Kholis, Muhammad Nur, Achmad Jakfar Sodik, Jamaluddin Shiddiq, dan Hafidah Hafidah. 2020. “Google Form Ka Wasīlah At-Taqyīm FīTa’līm al-Qirā`ah Wa al-Qawā’id Bi al-Jāmi’ah.” LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature 4(1):80–107. doi: 10.18326/lisania.v4i1.80-107.

Mardliyyah, Aisyam. 2020. “The Implementation of Arabic E-Learning through Arabic-Online.Net.” LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature 4(1):37–48. doi: 10.18326/lisania.v4i1.37-48.

Ma’rifatun. 2019. “Strategi pembelajaran nahwu saraf di MA ali maksum pondok pesantren krapyak yogyakarta dan ma unggulan al-imdad pondok pesantren al-Imdad bantul.” other, IAIN salatiga.

Muna, Lia Aulial. 2020. “تطوير الكتاب التعليمي للمدارس الابتدائية على أساس كتاب دروس اللغة العربية للشيخ إمام زركشي والشيخ إمام شباني.” `A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 9 (2): 285–96. https://doi.org/10.31314/ajamiy.9.2.285-296.2020.

Panigoro, M. Rifian, dan Abdur Rahman Adi Saputera. 2020. “Implementasi Metode Sam’iyah Syafahiyah Pada Siswa Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Mufradat.” `A Jamiy : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 9 (2): 164–78. https://doi.org/10.31314/ajamiy.9.2.164-178.2020.

Samiudin, H. Samiudin H. 2016. “Peran Metode untuk mencapai Tujuan Pembelajaran.” Al murabbi 2(1):41–58.

Syukriya, Aini Ummu. 2019. “Implementasi PjBL Dengan Media Instagram Pada Keterampilan Menulis Bahasa Arab Di SMA Islam P.B Soedirman 1 Bekasi.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 5(5):389–99.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.10.1.167-188.2021

Article metrics

Abstract views : 569 | views : 276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 hisam ahyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter