PENERAPAN STRATEGI AL-TA'BIR AL-MUSHAWWAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB DAN MAHARATUL KALAM
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menyajikan sebuah strategi yang dapat meningkatkan minat dan mahāratul kalam peserta didik melalui strategi al-Ta'bir al-Mushawwar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi eksperimen, dalam menganalisis data peneliti menggunakan uji t beda dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan angket. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA1 dan MIA2 yang berjumlah 20 peserta didik pada masing-masing kelas. Dasil hasil analisis data terbukti bahwa strategi al-Ta’bir al-Mushawwar dapat meningkatkan minat dan mahāratul kalam peserta didik kelas eksperimen dilihat dari rata-rata hasil pre-tes 55.75 dan post-test 84.00. Dan strategi al-Ta’bir al-Ara al-Ra’isiyyah sama-sama dapat meningkatkan minat dan mahāratul kalam peserta didik kelas kontrol dilihat dari rata-rata hasil pre-tes 55.5 dan post-tes 80.25. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Uji T beda, minat belajar bahasa Arab peserta didik diperoleh nilai Thitung 1.007 < Ttabel 2021. Mahāratul kalam peserta didik diperoleh nilai Thitung 1.757 < Ttabel 2021. Dari hasil perbandingan nilai Thitung < Ttabel maka Ho diterima dan H1 ditolak, yang berarti tidak ada perbedaan antara kelas yang diterapkan dan yang tidak diterapkan strategi al-Ta’bir al-Mushawwar. Strategi al-Ta’bir al-Mushawwar dan strategi al-Ta’bir al-Ara al-Ra’isiyyah dapat digunakan karena dapat meningkatkan minat belajar bahasa Arab dan mahāratul kalam peserta didik kelas X MA al-Khairāt Gentuma Raya Kab. Gorontalo
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alwi, Marjani. Mengapa Anak Malas Belajar? Solusi belajar efektif & menyenangkan. Makassar: Alauddin University Press, 2012.
Bahri Djamarah, Syaiful. Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif : Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Cet. 3; Jakarta:
Rineka cipta, 2010.
Basri, Hasan. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Cet. 1; Bandung: Pustaka Setia, 2015.
Djaenudin, Radliyah dkk. Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 2005.
Hamid, Abdul dkk. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. Cet. 1; Malang: UIN Malang Perss, 2008.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet, III; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. Keempat; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora, 2009.
Kementrian Agama RI. al-Quran Terjemah dan Tajwid . Cet. Pertama; Bandung: Sy9ma, 2012.
Majid, Abdul. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Mudlofir, Ali dan Evi Fatimatur Rusydiyah. Desain Pembelajaran Inovatif. Cet. 1; Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Nata, Abuddin. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Cet. Ke-3; Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.
Nuha, Ulin. Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Cetakan Pertama; Yogyakarta: Diva Press, 2016.
Rosyidi, Abd. Wahab & Mamlu’atul Ni’mah. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, h. 91.
Sabri, Ahmad. Strategi Belajar Mengajar Microteaching. Cet. II; Ciputat: Quantum Teaching, 2007.
Sanra, Nordi. "Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Peningkatan Maharah Al-Kalam Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (Man) Mamuju".
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Cet. V; Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali Cipta, 1993.
Suryani, Nunuk dan Leo Agung. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak, 2012
Taufik. Pembelajaran Bahasa Arab MI. Surabaya: PMN, 2011.
Tim Penyusunan Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet 4; Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
Article metrics
Abstract views : 2171 | views : 784Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nasra L Agel
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats