MAKNA HEURISTIK DAN HERMEUNETIK DALAM SYAIR MIṢRO TATAHADDAṠ ‘AN NAFSIHĀ KARYA HAFIẒIBRĀHĪM ( STUDI SEMIOTIKA RIFFATERRE)

Siti Marwah

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap makna dari hasil pembacaan heuristik dan hermeunetik dalam syair yair karya penyair Mesir yang terkenal dengan julukan “penyair sungai Nil” yaitu Hafidz Ibrahim yang berjudul “Mis}ro tatahaddas\ ‘an nafsiha>”. Syair memiliki ketidaklangsungan ekspresi karena ia memiliki tanda-tanda tersembunyi, untuk memahami bahasa atau tanda-tanda yang ada didalamnya bisa dilakukan dengan berbagai pendekatan diantaranya adalah pendekatan semiotika Michael Riffaterre yang hadir dengan gagasan konsep semiotikanya yaitu “semiotics of poetry” yang fokus kajiannya terhadap syair atau puisi,  pendekatan inilah yang digunakan penulis dalam memahami tanda-tanda dibalik syair melalui tahapan pembacaan heuristik dan hermeunetiknya. Selain itu untuk menemukan konsep perumpamaan donat yang dijadikan tolak ukur teori Riffaterre dalam menemukan matriks. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menjelaskan data-datanya serta diulas secara deskriptif dengan gambaran-gambaran yang menjadi indikator konsep semiotika Riffaterre hingga kemudian dalam penelitian ini terdapat temuan-temuan yang menarik melalui pembacaan heuristik dan hermeunetiknya. Akhirnya untuk syair yang penulis analisis hanya 6 bait saja terdapat hipogram, model, varian, serta matriksnya yang secara umum menonjolkan kata “aku” serta penggunaan dhamir atau kata gantinya  yang sama sebagai bentuk kebanggan dan kepercayaan diri negara Mesir dalam kecintaan terhadap apa yang dimilikinya.


Keywords


Riffaterre; Misro tatahaddas; ‘an nafsiha

Full Text:

PDF

References


Akastangga, Muhammad Dedad Bisaraguna. 2013. Syair Al-Hikmah Wa> Al-Mauiz}oh Fi> Di>wa>n Al-Warraq (Analisis Semiotika Riffaterre). PENAOQ:Jurnal Sastra, Budaya dan Pariwisata. Vol. 1, no. 1.

Fajrin, Siti Fatimah. 2019. Semiotika Michael Riffaterre, Studi Analisis Alquran Dalam Surat Al-Baqarah Ayat 223, Al Furqan: Jurnal Imu Al Quran dan Tafsir, Volume 2 Nomor 2 Desember.

Kurniawan, Sholihin dan Mulyadi. 2019. Figurative of Lo I Keta Spells In Society Of Bima: A Riffaterre Semiotics Research. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 3, no. 1, Juni.

Latif, Abdul dan Nur Safitri. 2019. Asy-Syi’ru “Man ‘Allamani> H>{ubban Kuntu lahu ‘Abdan” li> Niza>r Qabbani (at-Tah}li>l as- Si>miya>i li Michael Riffaterre. Jurnal IJALT. Vol. 1. No. 02, Juny-December.

Nyoman Kutha Ratna. 2013. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rais, Ahmad. 2020. Pembacaan Semiotik Michael Riffaterre Dalam Diwan Al-Imam Al-Syafi’I Tentang Motivasi Belajar Dan Keutamaan ‘Alim. Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Diwan. Vol. 5. No.1.

Riffaterre, Michael. 1987. Semiotics of Poetry. Bloomingtoon: Indiana University Press.

Selden, Raman. 1996. Panduan Membaca Teori Sastra Masa Kini cet. IV. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Siswantoro. 2016. Metode Penelitian Sastra: Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.10.2.371-384.2021

Article metrics

Abstract views : 547 | views : 354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Marwah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter