PENGARUH PEMERINTAHAN TERHADAP KRITIK SASTRA ARAB MASA UMAYYAH DAN ABBASIYAH

Roisah Fathiyatur Rohmah

Abstract


Melihat pemerintahan yang berkembang pada masa Umayyah dan Abbasiyah tentunya membawa kemajuan dalam berbagai bidang, khususnya dalam hal kritik sastra. Pada masa Umayyah mulai berkembang berbagai macam karya sastra, begitupun juga masa Abbasiyah ilmu pengetahuan berkembang semakin pesat. Kedua masa ini disebut sebagai masa kejayaan sastra Arab dan mengalami puncaknya pada masa Abbasiyah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai pengaruh pemerintahan Umayyah dan Abbasiyah terhadap perkembangan kritik sastra. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis atau sejarah dan pengumpulan data dilakukan dengan metode library research. Hasil dari penelitian ini adalah kritik sastra yang awal mulanya pada masa Jahiliyah hanya menilai dari segi qafiyah dan penilaian terhadap harakat, namun pada masa Umayyah kritik sastra berkembang penlilaian terhadap sastra dilihat dari segi bahasa dan sastra itu sendiri. Pada masa Umayyah juga adanya pemberian gelar sastrawan yang terbaik pada masa itu yaitu, Al Farazdaq, Al Akhtal dan Jarir. Pada masa pemerintahan Abbasiyah, perkembangan ilmu pengetahun semakin digencarkan dengan cara menerjemahkan berbagai buku. Dengan adanya penerjemahan tersebut, kritik sastra tidak lagi dinilai dari segi kebahasaan dan sastra itu sendiri, namun para sastrawan membuat teori tentang kritik sastra yang disebut dengan kritik manhaji. Kritk manhaji itulah yang menandai kejayaan kritik sastra pada masa klasik.


Keywords


manhaji critism; Umayyah; Abbasiyah

Full Text:

PDF

References


Al-Akub, Isa Ali.1997. al Tafkir al naqdiy inda al Arab. (Beirut: Dar al Fikr al Maashir)

Al Faisal, Abd Aziz bin Muhamad. 1402 H. Al-Adab al-Arabiy wa Taarikhuhu. (Tanpa penerbit).

Al-Iskandariy , Ahmad dan Mushtaafa ‘Inaniy’. 1978. Al-Wasith fi al-Adab al-Arabiy. (Beirut: Dar al-Ma’arif).

Al Jumahiy, Ibnu Salam.2001. Tabaqat Fuhul as Syuara. (Jeddah: Dar al Madani).

Kamil,Sukron. 2009. Teori Kritik Sastra Arab Klasik dan Modern. (Jakarta: Rajawali Pres).

Malthuf, Ahmad dan Muh Qozwaeni. 2020. “Konsep at-Tajnis menurut Ali bin Abdul Aziz al jurjani dalam al-Wasatah baina al-Mutanabbi wa Khusumihi”. Jurnal ALFAZ Vol. 8 No. 1. http://dx.doi.0rg/10.32678/alfaz.Vol8.Iss1.2503

Mukhtar, Muhammad. al Naqd al Adabiy min Asr al Jahili ila al Asr Abbasiy. (tanpa penerbit).

Muslim, Fauzan. 2016. Sastra dan Masyarakat Arab zaman Umayyah dan Abbasiyah. (Jakarta: Penaku)

Yatim, Badri . 2003. Sejarah Peradaban Islam: Dirasah Islamiyah, Cet. Xiv (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada)


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/ajamiy.10.2.271-283.2021

Article metrics

Abstract views : 1654 | views : 1859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Roisah Fathiyatur Rohmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:

Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View 'AJamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab Stats

Flag Counter