ANALISIS PENERAPAN MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN DALAM PERSPEKTIF WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MEDAN BELAWAN

Putri Giovani Panggabean, Ina Liswanty

Abstract


Modernisasi sistem administrasi perpajakan merupakan bentuk pelaksanaan dari berbagai program dan kegiatan yang di tetapkan dalam reformasi administrasi perpajakan jangka menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan modernisasi sistem perpajakan dapar mempermudah wajib pajak pribadi atau badan lebih mudah membayar dan melapor pajak di KPP Medan Belawan setelah diterapkannya sistem administrasi perpajakan modern. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu mengolah data untuk mendapatkan informasi tanpa mengubah apapun dari data tersebut. Penulis mengumpulkan data dengan meminta data/informasi yang dibutuhkan pada KPP Medan Belawan serta mewawancarai wajib pajak yang terdaftar pada KPP Medan Belawan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan penulis untuk penyusunan Tugas Akhir. Dari hasil penelitian ternyata ada beberapa kendala yang dirasakan wajib pajak dalam pelaporan dan penerapan sistem modernisasi pajak, juga ketidakefisienan sistem yang berlaku pada penerapan modernisasi sistem perpajakan.


Keywords


modernisasi, sistem, perpajakan, administrasi.

Full Text:

PDF

References


http://repository.potensiutama.ac.id/jspui/handle/123456789/2102?mode=full

pernamasari, r. (2021). analisis penerapan modernisasi sistem administrasi perpajakan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak pada kantor pelayanan pajak pratama kembangan jakarta. 1(1), 77–97.

rahmawati, y. a. (2014). analisis modernisasi sistem administrasi perpajakan dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan pengusaha kena pajak (studi empiris

pada wajib pajak di kantor pelayanan pajak pratama surakarta).

Waluyo, T. (N.D.). Pemeriksaan Terhadap Wajib Pajak Yang Tidak Menyampaikan SPT, Ketentuan Dan Pemilihannya.

Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2016. CV.Andi.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Cv.Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. Cv.Alfabeta.

Kemala.P.Lubis, & E, P. (2009). Analysis Of The Application Of E SPT In The Annual Tax Return Reporting Of Corporate Taxpayers At The Medan City Primay Tax Office.

[ Aris. (N.D.). Diskusi Penggunaan E SPT. 2010. Http.//Www.Ortax.Org

Ardiani, d. (2018). i analisis kepa tuhan w ajib pajak sebelum dan sesudah penerap an program e-spt dalam melaporkan spt masa ppn p ada kpp pratama medan petisah.

SISKA MAYASARI. (2019). Analisis Sistem Penggunaan E-Filling Dalam Menyampaikan Surat Pemberitahuan (Spt) Wajib Pajak Orang Pribadi (Wpop) Pada Kpp Pratama Tebing Tinggi.

ANGGRAINI, D. P. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Badan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Barat.

Hidayat, M. A. (2018). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan Pada KPP Pratama Medan Petisah.

P, B., & K, J. (2013). Qualitatif Data Analysis With NVIVO (2nd ED).

Wasington DC.

J.Moleong.L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif,Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.

Alsyukroni, Siti, and Ina Liswanty. "The Influence of Taxpayer Awareness, Fiscus Services, Tax Sanctions, Taxation System and Tax Socialization on Individual Taxpayer Compliance at KPP Pratama Medan Polonia." Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya Penelitian Ilmu Manajemen 9.2 (2023): 248-267.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/jsap.6.2.%25p.0

Article metrics

Abstract views : 47 | views : 24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JSAP : Journal Syariah and Accounting Public


Publisher:
Program Studi Ilmu Akuntansi Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Dr. H. Mansoer Pateda Desa Pentadio Timur, Kec. Telaga Biru, Kab. Gorontalo e-mail: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View JSAP Journal Stats