Pelatihan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang Terhadap Cara Ibu Melakukan Stimulasi Perkembangan Anak

Fitriati Sabur, Djuhadiah Saadong, Amelia Wong, Suriani B

Abstract


Development of Stimulation, Detection and Early Development (SDIDTK) is a comprehensive activity carried out with families, communities and professionals to produce quality child development processes. This study aims to determine the effect of SDIDTK training on the way mothers stimulate child development in Karunrung Village, Makassar City. This type of research is quasi-experimental with the one group pretest-posttest approach. The population of this study were all mothers who had children aged 3-60 months with a sampling technique using proportional stratified random sampling of 30 mothers with sufficient sample using the lamesow formula. The instruments used were the KPSP questionnaire and the observation sheet adopted from the Ministry of Health of the Republic of Indonesia in 2010 and data analysis used T Test. The results showed that the mother's way of stimulating child development before the training intervention with a mean value of 61.00 and after the training intervention with a mean value of 87.66 where the value of p = 0.000 and the value of α = 0.05, value of p <value of α so that it can be concluded that SDIDTK training affects the way mothers stimulate child development with the strength of correlation which is good

Pengembangan Stimulasi, Deteksi, dan Perkembangan Dini (SDIDTK) merupakan kegiatan komprehensif yang dilakukan bersama keluarga, masyarakat, dan tenaga profesional untuk menghasilkan proses tumbuh kembang anak yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan SDIDTK terhadap cara ibu menstimulasi tumbuh kembang anak di Desa Karunrung Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak usia 3-60 bulan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional stratified random sampling sebanyak 30 ibu dengan sampel cukup menggunakan rumus lamesow. Instrumen yang digunakan adalah angket KPSP dan lembar observasi yang diadopsi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2010 dan analisis datanya menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara ibu menstimulasi tumbuh kembang anak sebelum dilakukan intervensi pelatihan dengan nilai mean 61.00 dan setelah intervensi pelatihan dengan nilai mean 87.66 dimana nilai p = 0.000 dan nilai α = 0.05, nilai p <nilai α sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan SDIDTK berpengaruh terhadap cara ibu menstimulasi tumbuh kembang anak dengan kekuatan korelasi yang baik


Keywords


Stimulation, detection and early intervention of growth and development, a way to stimulate children's growth and development

Full Text:

PDF

References


Asiyah S, Harjito K, Suwoyo. 2010. Efektivitas metode stimulasi satu jam bersama ibu terhadap perkembangan anak usia 12-24 bulan. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes. 2010 April; I: 105-14.

Yuliasti dkk. 2018. Modul Bahan ajar cetak keperawatan (online)http://bpps dmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Keperawatan-Anak-Komprehensif.pdf

UNICEF. 2011. ASI Eksklusif Tekan Angka Kematian Bayi Indonesia. (Online), http: //scholar.unand.ac.id/ 12557/2 /BAB%20I%20pdf.pdf. Diakses 09 Maret 2017.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat. Statistik Indonesia Tahun 2010. Jakarta Pusat : Badan Pusat Statistik; 2010

IDAI. 2013. Mengenal keterlambatan perkembangan umum pada anak. (on line) http://www.idai.or.id/artikel/ seputar-kesehatan-anak/mengenal-keterlambatan-perkembangan-umum-pada-anak diakses tanggal 09 Maret 2017

Soetjiningsih, Ranuh. IG.N.G. 2014. Tumbuh Kembang Anak Edisi 2.EGC.Jakarta.(Online).http://scholar.unand. ac.id/12557/2/BAB%20I% 20 pdf.pdf. Diakses pada tanggal 09 Maret 2017, pukul 17:47 wita).

Malinda, dkk. 2013. Efek Stimulasi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 6-12 Bulan Di Kota Makassar Tahun 2013. Makassar. (Online), http://web cache.google user content. com/search?q=cache:GgRW 8YJT1xYJ:pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/4d69a5527f1ccdd891dd11e172c19944.pdf+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id. Diakses 09 Maret 2017.

Fitriani, I. S., Oktobriariani, R. R. 2017. Stimulasi , deteksi dan intervensi dini orang tua terhadap pencegahan penyimpangan pertumbu han dan perkembangan anak balita. ISSN: 2549-2721 (Cetak) , ISSN : 2549-2748 (Elektronik). Vol.1, No.1, Maret 2017: 01-09.

Soetjiningsih. 2012. Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta: Sagungseto .Pp 86-90.

Kementerian Kesehatan RI, 2016. Pedoman pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, Intervensi Dini Tumbuh Kembang. (online) https://banpaud pnf.kemdikbud.go.id/upload/ down load-center/Buku%20SDIDTK_1554107456.pdf

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kemen terian Kesehatan RI.

Riskesdas. 2018. Hasil Utama RISKESDAS (online) https://kesmas .kemkes.go.id diakses 10 Maret 2017

Makrufiyani, dkk. 2018. Faktor – faktor yang mempengaruhi status perkembangan balita usia 1 – 3 Tahun di Wilayah Puskesmas Gamping II Sleman. (online) http://eprints .poltek kesjogja.ac.id

Khofiyah. 2020. Edukasi Berpengaruh terhadap Pemberian Stimulasi Perkemba ngan Anak Usia 12-24 Bulan oleh Ibu di Posyandu Desa Tambakrejo Kabupaten Puworejo (online) https://doi. org/10.266 99/jnk. v7i2.ART.p231-238

Permenkes RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2014 Tentang pemantauan Pertumbuhan, Perkembangan, dan Gangguan Tum buh Kembang Anak. (online) https:// dinkesjatimprov.go.id/ userfile/ doku men/PMK%20No.% 2066 %20ttg % 20Pemantauan%20Tumbuh%20Kembang%20Anak.pdf di akses tgl 09 April 2017

Innike,dkk. 2014. Pengaruh pelatihan stimulasi keluarga oleh ibu dalam bentuk tulisan dengan gambar terhadap perkembangan anak usia kurang dari 3 tahun. Sari pediatri Vol 16, No 4 (2014) (online) https://saripediatri. org/index. php/saripediatri/article/view/216

Muflihah. 2015. Efektifitas pelatihan deteksi dini tumbuh kembang sesuai tahapan usia anak terhadap penge tahuan dan keterampilan ibu dalam men stimulasi tumbuh kembang balita. MEDISAINS: Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Kesehatan, Vol 13 No 1, APRIL2015 (online) jurnal nasional. ump.ac.id/ index. php/ medisains /article /down load/1822/1499

Tentama,dkk. 2017. Pelatihan Tum buh Kembang Anak Untuk Mening katkan Ketrampilan Stimulasi Orang Tua Anak Usia Dini. Buletin Udayana Mengabdi. Volume 16 Nomor 3, September 2017 (online) http:// ojs. unud .ac.id

Dewi. 2019 Manfaat pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan motorik kasar anak usia 1-3 tahun. (online) http://repo sitory .itspku.ac.id


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/mjk.9.2.14-20.2020

Article metrics

Abstract views : 379 | views : 344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Madu : Jurnal Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher : Program Studi D-IV Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gorontalo