Generasi Muhammadiyah Kuat

Apris Ara Tilome

Abstract


Tujuan pengabdian Generasi Muhammadiyah Kuat ini agar generasi muhammadiyah dapat meneruskan cita-cita yang telah diraih oleh Kiyai Ahmad Dahlan sebagai pendiri muhammadiyah sehingga generasi muhammdiyah dapat membina warga muhammadiyah. Target yang telah dicapai dalam pengabdian ini adalah menjadikan masyarakat Desa Moluo khususnya generasi muhammadiyah untuk mengembangkan dan menjadikan generasi yang kuat, dan menjalankan fungsinya sebagaimana tujuan dan cita-cita persyarikatan Muhammadiyah. Metode yang digunakan diawali dengan sosialisasi pada generasi muhammadiyah oleh dosen pembimbing lapangan pada kegiatan Kuliah Kerja Dakwah (KKD) Universitas Muhammadiyah Gorontalo di desa Moluo Kabupaten Gorontalo Utara. Generasi muhammadiyah kuat dipilih sebagai tema dari pengabdian ini karena generasi mudalah yang nantinya akan meneruskan cita-cita yang telah dibangun oleh Muhammadiyah. Persyarikatan Muhammadiyah sangat membutuhkan pemikiran dari anak-anak muda Muhammadiyah seperti halnya di saat pertama kali berdirinya Persyarikatan. Sumbangsih pemikiran generasi muda sangat dibutuhkan dalam penguatan ummat berbangsa dan bernegara. Sekian banyak generasi muda yang tidak terorganisir dengan baik dan akhirnya akan terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita semua. Kita berharap kedepan, generasi Muhammadiyah ini menjadi kuat serta akan memberikan kekuatan energy Muhammadiyah dimasa yang akan datang. Tanpa generasi Muhammadiyah yang kuat maka persyarikatan Muhammadiyah hanya akan menjadi kenangan dalam catatan sejarah bangsa dan negara. Oleh karena itu dengan dilaksanakan pengabdian ini, akan melahirkan generasi Muhammadiyah yang kuat dalam membentengi pikiran-pikiran genarasi dari paham-paham yang menyimpang dari aqidah Islam yang tidak sesuai dengan alquran dan hadits yang sahih yang menjadi rujukan utama bagi persyarikatan Muhammadiyah. Diharapkan generasi Muhammadiyah kuat ini akan melanjutkan dakwah amar makruf nahi munkar, serta menjaga amanah amal usaha muhammadiyah di masa yang akan datang.

Keywords


Generasi Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Gorontalo Utara. 2018.

Kementrian Agama. Al-Quran dan terjemahannya. 2020.

Mustafa Kemal, Drs B. Ed, Chusnan Yusuf, Drs. A. Rosyad Shaleh, Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam. (Yogyakarta: PT. Percetakan Persatuan, 2018).

Syarifuddin Jurdi. Elit Muhammadiyah Dan Kekuasaan Politik 2017

Wilayah Kabupaten Gorontalo Utara. 2021. https://gorontaloprov.go.id/profil/kab-kota/kab-gorontalo-utara


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/mohuyula.1.1.13-18.2022

Article metrics

Abstract views : 154 | views : 75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mohuyula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published Journal : Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Addres Office : Jl. Prof. Mansoer Pateda, Desa Pentadio Timur, Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. 96181