Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence)

Febrianto Hakeu, Idan I. Pakaya, Ridwanto Djahuno, Uznul Zakarina, Mutmain Tangkudung

Abstract


Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence) merupakan kegiatan pengabdian yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam proses pembelajaran. Workshop ini fokus pada pengembangan kemampuan guru dalam menciptakan materi pembelajaran yang interaktif dan personalisasi, memanfaatkan berbagai alat dan aplikasi berbasis AI. Selain aspek praktis, kegiatan ini juga membahas konsep dasar AI, etika penggunaannya, dan cara mengatasi tantangan yang mungkin muncul. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah metode demontrasi secara langsung dan metode ceramah. Hasilnya adalah Para peserta workshop berkolaborasi dalam sesi-sesi interaktif, berbagi pengalaman, dan menggali potensi teknologi AI untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas. Hasilnya, diharapkan para guru dapat mengintegrasikan teknologi AI secara kreatif dan etis, menciptakan lingkungan pembelajaran yang responsif dan inovatif. Kesimpulannya, workshop ini menjadi langkah penting dalam mempersiapkan pendidik untuk menghadapi tuntutan pendidikan abad ke-21 dan memaksimalkan manfaat teknologi AI dalam proses pembelajaran.

Keywords


Workshop; Media Pembelajaran Digital; Guru; Teknologi AI

Full Text:

PDF

References


Akbar, Hilmi Fadhillah, and Muhamad Sofian Hadi. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa.” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(2).

Alismaiel, Omar A. 2023. “Digital Media Used in Education: The Influence on Cyberbullying Behaviors among Youth Students.” International Journal of Environmental Research and Public Health 20(2). doi: 10.3390/ijerph20021370.

Aulia, Aan Fitri, Masduki Asbari, and Siti Ayu Wulandari. 2024. “Kurikukulum Merdeka : Problematik Guru Dalam Implementasi Teknologi Informasi Pada Proses Pembelajaran.” JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT 03(02):65–70.

Contreras, C., J. Rivas, R. Franco, M. Gómez-Plata, and B. Paula Luengo Kanacri. 2023. “Digital Media Use on School Civic Engagement: A Parallel Mediation Model | Medios Digitales y Participación Cívica Escolar: Un Modelo de Mediación Paralela.” Comunicar 31(75):89–99.

Febriyani, Herlina, and Dian Hidayati. 2023. “Urgensi Media Digital Dalam Proses Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5(2):3910–16.

Jamun, Yohannes Marryono, Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok, and Rudolof Ngalu. 2023. “Pentingnya Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Menunjang Pembelajaran Sekolah Dasar.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4(2):2149–58.

Khairani, Mufida, Divi Handoko, Boni Oktaviana Sembiring, Arie Rafika Dewi, and Yulia Agustina Dalimunthe. 2023. “Sosialisasi Penggunaan Akun Google Sebagai Media Pembelajaran Digital Bagi Guru SD Negeri 060856 Medan.” Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi 3(1). doi: 10.58466/literasi.v3i1.968.

Kristen, Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama. n.d. “Dalam Era Digital.”

Kuntari, Septi. 2023. “Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai 2:90–94. doi: 10.47435/sentikjar.v2i0.1826.

Lase, Delipiter. 2019. “Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan 12(2):28–43. doi: 10.36588/sundermann.v1i1.18.

Media, Politeknik Negeri, and Kreatif Murtopo. 2023. “Pendidikan Islam Dalam Bayangan Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan): Sebuah Kajian Pustaka Mengenai Dampak Ai Dalam Pendidikan Islam.” PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat 3(1).

Mulianingsih, Ferani, Khoirul Anwar, Fitri Amalia Shintasiwi, and Anggi Jazilatur Rahma. 2020. “Artificial Intellegence Dengan Pembentukan Nilai Dan Karakter Di Bidang Pendidikan.” IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching 4(2). doi: 10.21043/ji.v4i2.8625.

Mutaqin, Fauzy Maarij, Idah Jubaedah, Herry Koestianto, and Dede Indra Setiabudi. 2023. “Efektif Artificial Intelligence (AI) Dalam Belajar Dan Mengajar.” Jurnal Pendidikan : Seroja 2(1):53–60.

Nucifera, Prima, Muhammad Yakob, and Setyoko Setyoko. 2022. “Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Guru Di SMPN 1 Rantau Selamat Aceh Timur.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3(2):217–25. doi: 10.29408/ab.v3i2.6277.

Nur Aziza Ismawati, and Syahri Ramadhanti. 2022. “Penerapan Artifical Intelligence Dalam Mendukug Pembelajaran Di Era Digital.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL BATCH 1 Nasib Pendidikan Karakter Di Masa Pembelajaran Daring Dalam Bingkai Merdeka Belajar 158–66.

Parwati, Ni Putu, and I. Nyoman Bayu Pramartha. 2021. “Strategi Guru Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0.” Widyadari: Jurnal Pendidikan 22(1):143–58. doi: 10.5281/zenodo.4661256.

Prawismo, Sang Aji, Aprelita Hana Sajida, Putri Junaina Miratul Habibah, M. Zainuddin, and Siti Mas’ula. 2022. “Pengembangan Media Puzzle Dalam Pembelajaran Materi Pecahan Bagi Siswa Kelas Rendah SD Negeri Jatinom 03.” Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar 5(2). doi: 10.33603/caruban.v5i2.6846.

Purnamawanti, Ucu, Herawati, and Widyasari. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 5 Di MI Al Khoeriyah Kabupaten Bogor.” Jurnal Teknologi Pendidikan 12(2).

Rohima, Najwa. 2023. “Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa.” Publikasi Pembelajaran 1(1).

Subandowo, Marianus. 2022. “Teknologi Pendidikan Di Era Society 5.0.” Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial 9(1):24–35.

Subowo, Edy, Naufal Dhiyaulhaq, and Ika Wahyu Khasanah. 2022. “Pelatihan Artificial Intelligence Untuk Tenaga Pendidik Dan Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah (Online Thematic Academy Kominfo RI).” Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2):83–90. doi: 10.31294/abditeknika.v2i2.1372.

Tamsir, Nurlindasari, Abdul Rauf, Muh Syahlan Natsir, and Asrul Syam. 2023. “Literasi Digital Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Guru SMKN 1 Gowa Berbasis AI.” Community Development Journal 4(2).

Widianto, Widianto, M. Chasrun H, and Andi Syaiful Amal. 2023. “Pelatihan Guru SD Muhammadiyah 1 Kesamben Dalam Menggunakan LMS Moodle.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia 3(3). doi: 10.52436/1.jpmi.1078.

Wijayanti, Arfilia, and Sukamto. 2017. “Development of Heat Transfer Learning Media Based on Android Application Inventor (AI) to Instill Student Self Directed Learning Article Information.” Journal of Innovative Science Education 6(2).

Wiyono, Hadi, Haris Firmansyah, Iwan Ramadhan, Nur Meily Adlika, Shilmy Purnama, Jumardi Budiman, Sumantri Sumantri, Rina Raihana Putri, and Uray Rosa Febrianti. 2023. “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Bagi Guru Mgmp Ips Kabupaten Mempawah.” Abdimas Galuh 5(1):183. doi: 10.25157/ag.v5i1.9185.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/mohuyula.2.2.1-14.2023

Article metrics

Abstract views : 1062 | views : 481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mohuyula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published Journal : Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Addres Office : Jl. Prof. Mansoer Pateda, Desa Pentadio Timur, Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. 96181