IMPLEMENTASI PROTOKOL KESEHATAN BERBASIS CHSE PADA ERA NEW NORMAL DI INDONESIA TOURISM DEVELOPMENT CORPORATION THE NUSA DUA BALI

Ibnu Avichena, Ni Made Eka Mahadewi, I Ketut Murdana

Abstract


Perkembangan  pariwisata Indonesia setiap tahunya telah mengantarkan sektor pariwisata sebagai sektor penyumbang devisa negara kedua setelah minyak dan gas. Tingginya angka kunjungan wisatawan ke Indonesia membuat Indonesia semakin terkenal.dikalangan wisatawan. Indahnya alam Indonesia membuat para wisatawan datang untuk berlibur  menikmati budaya dan alam yang sangat natural. Salah satu destinasi unggulan yaitu kawasan The Nusa Dua. Kawasan ini merupakan contoh kawasan wisatawan yang paling diminati oleh wisatawan kelas atas. Pada akhir tahun 2019 dunia digemparkan dengan adanya wabah virus covid-19 yang membuat hampir semua sektor terhenti,termasuk sektor pariwisata.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi  penerapan protokol kesehatan dan implementasi protokol kesehatan berbasis CHSE pada era new normal. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, serta menggunakan instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara dan pengumpulan literatur sebagai penunjang. Dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data terlebih dahulu, reduksi data, display data dan yang terakhir verifikasi dan penegasan kesimpulan. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan protokol kesehatan berbasis CHSE di kawasan ITDC The Nusa Dua sudah berjalan dengan baik. Sistem yang terintegrasi membuat kawasan ITDC The Nusa Dua menjadi zona hijau sehingga membuat kawasan ITDC The Nusa Dua sudah bisa dibuka untuk tujuan tertentu. Pengontrolan para pengunjung dengan aplikasi Pedulu Lindungi sangat membantu petugas untuk melakukan pengontrolan kegiatan pengunjung di ITDC dengan standar CHSE.


Keywords


Protokol Kesehatan, Implementasi CHSE, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Agus, Purwanto Erwan, dan Sulistyastuti Dyah Ratih. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Gaya Media.

Akbar, Husaini Usman dan Purnomo Setiady. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Candranegara, I.M.W, Mirta, Putra. Implementasi Program “We Love Bali” Berbasis CHSE (Clean, Health, Safety, Environment) dalam Pemulihan Pariwisata Bali, 1 (1).

Ferdiansyah Hendri, et al 2020. Pengelolaan Mitigasi Krisis Pariwisata Akibat Pandemi Covid- 19 Dalam Menghadapi Fase New Normal (Studi Kasus Di Desa Wisata Nglanggeran Yogyakarta). Ejournal Binawakya, 15 (3), 4133- 4144.

Fitriana, Simanjutak, Dewanti. 2020. Pembekalan Materi CHSE (Cleaniless, Healthiness, Safety, and Environment) dalam Training of Trainers Akademisi Pendamping Desa Wisata.

Fitriana, Simanjutak, Dewanti. 2020. Pembekalan Materi CHSE (Cleaniless, Healthiness, Safety, and Environment) dalam Training of Trainers Akademisi Pendamping Desa Wisata.

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Penerbit PT

Remaja Rosdakarya.

Moeleng, Lexy J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Wicaksono Ajie 2020. New Normal Pariwisata Yogyakarta. Jurnal Ilmiah, 14 (3), 139-150.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/tulip.4.1.32-44.2021

Article metrics

Abstract views : 1721 | views : 978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:

Program Studi Pariwisata, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP) Stats