Strategi pengembangan Banthayo Poboide Sebagai Daya Tarik Wisata Budaya Di Kabupaten Gorontalo

Nur Aisyah Kinanti Yahya, Sri sunarti, Anggraeni Lagalo

Abstract


Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui apa kendala yang ada di Bantayo Poboide serta bagaimana Perkembangan Banthayo Poboide. Metode analisis yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif serta SWOT dan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Banthayo Poboide banyak terdapat kendala yang ada, akan tetapi masih ada beberapa hal yang dapat dikembangkan untuk mengurangi kendala tersebut yaitu dengan meminimalisir kelemahan dengan memanfaatkan peluang yaitu sesuai dengan hasil dari penelitian yaitu mendapatkan strategi WO dalam penelitian ini.


Keywords


Pengembangan Banthayo Poboide, Daya Tarik Wisata, Budaya

Full Text:

PDF

References


Ardika,I.W.2015.WARISAN BUDAYA perspektif masa kini.denpasar:udayana university press.

Andri Oktosilvala. 2018. Strategi Dinas Pariwisata Dalam Pengembangan Pariwisata Di Tana Toraja. Makassar

Az Zahrawaani. 2018. Pengembangan Daya Tarik Wisata Budaya Kabupaten Karawang. Jawa Barat

Baisya, R., dan Rozak, H. A., 2012 Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan Dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara Di Jawa Tengah, Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan Vol. XI No. 2, Oktober, Hlm. 1-12

Dai, Srilyan Laxmiwaty.2016.pengembangan sulaman karawo sebagai daya tarik di destinasi pariwisata di Gorontalo.Universitas Udayana.Denpasar

Dai, srilyan laxmiwaty. 2016. pengembangan sulaman karawo sebagai daya tarik di destinasi pariwisata di Gorontalo.Universitas Udayana.Denpasar

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Qualitatif dan Quantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fitra Ananta Sujawoto. 2013. Pengembangan Daya Tarik Wisata Berbasis Budaya Hibrida Di Paris Van Java. Bandung

Izza Julianti Astari. 2018. Pengembangan Pariwisata Rumah Adat Beleq Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat Sekitar Rumah Adat Kecamatan Sembalun. Nusa Tenggara Barat

Nuraimma. 2018. Strategi Pengembangan Potensi Objek Wisata Rumah Adat Karampuang Terhadap Sosial Budaya Masyarakat Di Desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai. Sulawesi Selatan

Rakhastiwi, emma puji.2019.pengaruh daya tarik wisata, citra objek wisata, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung pada wisata small.universitas Muhammadiyah purwokerto.purwokerto

Rangkuti, F. 1997. Tekhnik Membedah Kasus Bisnis, Analisis SWOT. Cara perhitungan Bobot, Rating dan Ocai. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sriyana, (2020). Antropologi Sosial Budaya. Jawa Tengah : Lakeisha, 612

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sulasman dan Gumilar. 2013. Teori-Teori Kebudayaan. Bandung: CV. Pustaka Setia. I Made Smerta, dkk

Warsito. 2012. Antropologi Budaaya. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Zaenuri, Muchammad. 2012. Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: e-Gov Publishing

Lagalo, 2017. Pengembangan Kerajinan Karawo sebagai Daya Tarik Wisata Minat Khusus di Provinsi Gorontalo


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/tulip.5.1.8-12.2022

Article metrics

Abstract views : 123 | views : 71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:

Program Studi Pariwisata, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP) Stats