Pengembangan Daya Tarik Wisata Embung Dumati Di Kabupaten Gorontalo

Nurtin Padjuli, Desrika Talib, Anggraeni Lagalo

Abstract


Gorontalo merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia tidak kalah dengan provinsi lainnya dimana Gorontalo memiliki daya Tarik wisata yang patut diperkenalkan baik kepada wisatawan domestik maupun wisatawan dan kekayaan yang dimiliki oleh Gorontalo yaitu Embung Dumati yang berlokasi di Desa Dumati Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Pengelola wisata Embung Dumati sudah berupaya melakukan strategi pengembangan dengan menambahkan berbagai fasilitas di Embung Dumati, namun seiring berjalannya waktu pengembangan yang belum optimal ini membuat daya tarik wisata Embung Dumati sudah tidak ramai pengunjung lagi. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengembangan daya Tarik wisata Embung Dumati di Kabupaten Gorontalo. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian bahwa secara umum pengembangan daya Tarik wisata Embung Dumati bahwa dalam pengelolaanya masih kurang baik dan masih minimnya sarana prasarana, sehingga dapat ditentukan bahwa daya tarik wisata Embung Dumati ini terdapat pada kuadran III, yaitu strategi W-O, strategi yang meminimalisir kelemahan dan memanfaatkan peluang yang ada.

 


Keywords


Pengembangan, Daya Tarik Wisata, Embung Dumati

Full Text:

PDF

References


Aprilia, E. R. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di Pantai Ampenan Mataram. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 51.

Asriandy, I. (2016). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Bissapu Di Kabupaten Bantaeng. In Universitas Hasanudin.

Assari Elsa. (2017). Pengembangan Wisata Pulau Merah Sebagai Wisata Halal di Dusun Pancer Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

.

Desrika, T. (2020). Pengembangan Agrowisata Kebun Jeruk Ampera Wonosari di Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. TULIP: Tulisan Ilmiah Pariwisata, 3(1), 35–41.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31314/tulip.4.2.51-64.2021 PENGEMBANGAN

Diarta, P. dan. (2009). Pengantar ilmu pariwisata (FI. Sigit Suyantoro (ed.); p. 75). Yogyakarta : Andi.

Iwan Darliansyah. (2011). Bab Ii Tinjauan Pustaka Aplikasi. Hilos Tensados, 1, 1–476

.

Masriana. (2019). Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyrakat (Community Based Tourism) Di Pantai Ide Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur. In Universitas Muhammadiyah Makassar.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/tulip.5.2.68-74.2022

Article metrics

Abstract views : 242 | views : 153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:

Program Studi Pariwisata, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP) Stats