EVALUASI KETERPENGARUHAN KOMPONEN PERIWISATA DI DAYA TARIK PARIWISATA ARUNG JERAM PAPUALANGI

Srilian Laxmiwaty Dai, Deswita Natarisa Mamonto

Abstract


Dalam penelitian tentang Evaluasi Keterpengaruhan Komponen Pariwisata Didaya Tarik Pariwisata Arung Jeram Papualangi penulis menggunakan pendekatan kualitatif dimana penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran ataupun penjelasan yang tepat mengenai permasalahan yang dihadapi dan didukung dengan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan Evaluasi Keterpengaruhan Komponen Pariwisata Didaya Tarik Pariwisata Arung Jeram Papualangi telah berjalan sesuai dengan sistem yang ada, namun terdapat masalah-masalah yang membawa dampak negatif sehingga pada pelaksanaannya masih belum optimal dalam mengembangkan pariwisata Tana Toraja, khususnya pembangunan infrastruktur, sarana dan prasana. Faktor yang mempengaruhi perkembangan pariwisata adalah faktor pendukung yaitu objek wisata yang sudah terkenal, partisipasi masyarakat dan koordinasi yang baik dengan pihak terkait. Sedangkan faktor penghambat yaitu keterbatasan dana, lokasi geografis objek wisata serta minimnya dan tidak terpusatnya informasi.


Keywords


Evaluasi Program; Pengembangan; Komponen Wisata

Full Text:

PDF

References


Djuju, Sdjuna. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah ; Untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Bandung : Falah Production.

Dwijowijito, Nugroho. 2003. Kebijakan Publik ; Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Frank, Gerald, Mara. 2015. Handbook Analisis Kebijakan Publik ; Teori, Politik dan Metode. Bandung : Nusa Media.

Ibrahim, Amin. 2009. Pokok-pokok Administrasi publik dan Implementasinya.

Bandung : PT. Refika Aditama.

Kartasasmita, Ginandjar. 1997. Administrasi Pembangunan ; Perkembangan Pemikiran dan Praktiknya di Indonesia. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES.

Katz, Saul. 1992. Modernisasi Administrasi Untuk Pembangunan Nasional.

Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Moekijat. 1995. Analisis Kebijaksanaan Publik. Bandung : CV Mandar maju. Nugroho, Iwan. 2011. Ekowisata dan Pembangunan berkelanjutan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Oemar, Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara. Siagian, Sondang. 2007. Administrasi Pembangunan ; Konsep, Dimensi, dan Strateginya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Subarsono. 2006. Analisis Kebijakan Publik ; Konsep, Teori dan Aplikasi.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surwantoro, Gamal. 2004. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta : Andi Offset. Tjokroamidjojo, Bintoro. 1995. Perencanaan Pembangunan. Jakarta : PT. Toko Gunung Agung.

Yoeti, Oka. 2006. Tours and Travel Marketing. Jakarta : PT Pradnya Paramita. Parsons, Wayne. 2005. Public Policy ; Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/tulip.2.2.114-129.2019

Article metrics

Abstract views : 260 | views : 263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 TULIP (Tulisan Ilmiah Pariwisata)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:

Program Studi Pariwisata, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP) Stats