RESPON MASYARAKAT LOKAL TERHADAP PENGEMBANGAN WISATA HUTAN PINUS SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI DESA DULAMAYO KABUPATEN GORONTALO

Sri Sunarti, Siti Mulghima Olii

Abstract


Salah satu Kecamatan yang berada di Kabupaten Gorontalo, yang memiliki pesona alam yang sangat indah dan sangat beragam akan bentuknya yaitu Kecamatan Telaga Jaya, khususnya Desa Pilohayanga yang memanfaatkan Sumber Daya Alam atau Hutan Pinus untuk pembangunan wisata alam. Tempat ini dinamakan Wisata Pinus Ecopark. Wisata Pinus ini memiliki suasana yang asri dan sejuk, dengan pepohonan pinus yang rindang ini memberikan oksigen yang sangat baik untuk pengunjung. Bukan hanya itu, fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini juga menjadi nilai tambah  yang  dapat  dinikmati  oleh  pengujung. Dengan adanya objek-objek foto yang sangat Instagramable, seperti Hiasan payung, Jembatan kayu, Pondokan atau Saung, Ayunan santai dan lain-lain.


Keywords


Pembangunan; Wisata Hutan Pinus; Dulamayo

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Nana Herdiana. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Abidin, Zainal, dan Hutami P. Puspitasari. Mina Bisnis Ikan Cupang. Malang: UB Press, 2018.

Andi. Wawancara. Sukapura: 23 November, 2019.

Arif, Saidal. ―Analisis Ekonomi Islam Tentang Pengembangan Objek Wisata Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah.‖ Skripsi, IAIN Raden Intan Lampung, 2015.

Asriandy, Ian. ―Strategi pengembangan obyek wisata air terjun Bissappu di kabupaten bantaeng.‖ Skripsi, Universitas Hasanuddin Makassar, 2016.

Astuti, Marhanani Tri, dan Any Ariani Noor. ―Daya Tarik Morotai Sebagai Destinasi Wisata Sejarah Dan Bahari.‖ Jurnal Kepariwisataan Indonesia Vol. 11 No. 1 Juni (2016).

Atiko, Gita, Ratih Hasanah Sudrajat, dan Kharisma Nasionalita. ―Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementerian Pariwisata Ri (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @Indtravel).‖ Jurnal Sosioteknologi Vol. 15, No 3, Desember (2016).

Bahiyah, Choridotul, Wahyu Hidayat R, dan Sudarti. ―Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata Di Pantai Duta Kabupaten Probolinggo.‖ Jurnal Ilmu Ekonomi Vol 2 Jilid 1 (2018).

Batilmurik, Ridolof W., dan Hans A Lao. ―Pengembangan Model Ekonomi Kreatif bagi Masyarakat di Daerah Objek Wisata Bahari Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur.‖ Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 1 No. 1 (2016).

Betari Avinda, Chintiya, I Nyoman Sudiarta, dan Ni Made Oka Karini. ―Strategi Promosi Banyuwangi Sebagai Destinasi Wisata (Studi Kasus Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata).‖ Jurnal IPTA Vol. 4 No. 1 (2016).

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Kencana, 2013.

Cahya Nurhadi, Febrianti Dwi, Mardiyono, dan Stefanus Pani Rengu. ―Strategi Pengembangan Pariwisata Oleh Pemerintah Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan DanPariwisata Kabupaten Mojokero).‖ Jurnal Administrasi Publik (JAP) Vol. 2, No. 2 (t.t.).

D Manafe, Janri, Tuty Setyorini, dan Yermias A Alang. ―Pemasaran Pariwisata Melalui Strategi Promosi Objek Wisata Alam, Seni Dan Budaya.‖ Bisnis Vol. 4, No. 1, Juni (2016).

Djakfar, Muhammad. Etika Bisnis Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Jakarta: Penebar Plus, 2012.

Fahmi, Irham. Etika Bisnis Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta, 2015. Faidah, Na‘imatul. ―Strategi Promosi Wisata Religi di Kabupaten Wonosobo.‖

Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, 2017.

Fathullah, Lisken Situmorang, Nurka Cahyaningsih, Ichwanto Nuch, dan Martua Sirait. ―Perubahan Status Kawasan Hutan Guna Menjawab Permasalahan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan: Studi Kasus dari Marga Bengkunat dan Pekon Sukapura, Kabupaten Lampung Barat.,‖ t.t.

Fatihudin, Didin, dan Anang Firmansyah. Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish, 2019.

Fatoni, Abdurrahmat. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi.

Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Fitriana, Evi. ―Strategi Pengembangan Taman Wisata Kum Kum Sebagai Wisata Edukasi Di Kota Palangkaraya.‖ Jurnal Pendidikan Geografi Nomor 2, Juni (2018).

Hadi, Firdausia. ―Kajian Potensi Dan Strategi Pengembangan Wisata Pantai Syari‘ah (Studi Di Pulau Santen Kabupaten Banyuwangi).‖ Jurnal MD Vol. 3 No. 1/ Januari-Juni (2017).

Hadi, Sutrisno. Metodologi Penelitian Research 1. Yokyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM, 1981.

Handayani, Estu, dan Mohamad Dedi. ―Pengaruh Promosi Wisata Bahari Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Pelabuhan Muncar Banyuwangi.‖ Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Volume 7, Nomor 02, Oktober (2017).

Haris, Abd. Etika Hamka Konstruksi Etik Berbasis Rasional-Religius.Yogyakarta: LKIS Yogyakarta, 2010


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/tulip.2.2.149-163.2019

Article metrics

Abstract views : 504 | views : 385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 TULIP (Tulisan Ilmiah Pariwisata)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:

Program Studi Pariwisata, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Jl. Prof. Mansoer Pateda, Pentadio Timur, Gorontalo-Gorontalo
Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - Statcounter
View Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP) Stats