PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Nurhuda Kumeri, Rusmin Husain, Pupung Puspa Ardini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative type make a match dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperatif type picture a picture pada kelompok siswa dengan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Tangeban Kabupaten Banggai yang berjumlah 32 orang siswa. Hasil Penelitian menemukan 1) Hasil belajar pada Kompetensi Dasar mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang, yang menggunakan model pembelajaran cooperative type make a match lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative type picture a picture, 2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS pada Kompetensi Dasar mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang, 3) Siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative type make a match yang memiliki motivasi belajar tinggi, hasil belajarnya lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative type picture a picture. 4) Siswa yang menggunakan model pembelajaran coopertative type picture a picture yang memiliki motivasi belajar rendah, hasil belajarnya lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran cooperative type make a match.

Keywords


model pembelajaran kooperatif

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:Rineka

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Balajar Menajar, Jakarta: Rineka Cipta

Etin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning Analisis Model pembelajaran IPS. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Hamalik Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Pustaka Pelajar

Huda Miftahul. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA

Isjoni. 2014. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta

Kartiani Baiq Sarlita. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Kabupaten Lombok Barat NTB. Jurnal Pendidikan Dasar (Online), Volume 6 Edisi 2. (https://doi.org/10.21009/JPD.062.03, Diakses 20 April 2018)

Sumantri, Syarif Mohamad. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo

Suprijono Agus S. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Uno B Hamzah. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

Zain Aswan. 2010. Model Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v7i2.1026

Article metrics

Abstract views : 157 | views : 100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika