PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 88 KOTA GORONTALO

Hendra Ahmad, Rauf A. Hatu, Rosman Ilato

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. (2) pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. (3) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. (4) Pengaruh secara tidak langsung model pembelajaran Picture and Picture melalui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner kepada sampel penelitian (siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi belajar siswa Pada Mata pelajaran IPS di kelas V SDN 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. (2) Model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. (3) Motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari Model pembelajaran Picture and Picture secara tidak lansung (melalui Motivasi belajar siswa) terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 88 Kota Tengah Kota Gorontalosiswa, dan ketersedian sarana prasarana sekolah, kelima hal tersebut yang merupakan kendala dalam penanaman nilai Pancasila kepada siswa.

Keywords


Picture and Picture, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agustina, Mira. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 2 Medini Kudus pada Mata Pelajaran IPS

Anitah, Sri, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Astuti, Ari Eka. 2010. Hubungan Antara Peran Orang Tua Dan Motivasi Belajar Dengan

Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 1

Karangdowo, Klaten Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu

Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Baharudin, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Group.

Bimo Walgito. 1981. Psikologi umum. Yogyakarta: Pineka Fakultas Psikologi Universitas

Gajah Mada

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Daryanto. 2009. Panduan proses pembelajaran kreatif dan inovatif. Jakarta: AV Publisher. Depdikbud. 2002. Kamus Besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan kelima. Jakarta: Rineka. Cipta Dinar Tiara Nadip Putri. 2015. Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Volume 1, Nomor 2, September

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Eri Novalind, Sri Kantun dan Joko Widodo. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial 115 ISSN 1907-9990 | E- ISSN 2548-7175 | Volume 11 Nomor 2 (2017) DOI: 10.19184/jpe.v11i2.6456

Fajar. 2004. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung : Rosda Karya

Fatimah, Soewarno dan Suci. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture

Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Indonesiaku, Bangsa Yang Berbudaya Kelas V Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 2, 19-25 Oktober

Hadis, Abdul. (2006). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Hidayati, Dkk.2008. Pengembangan Pendidikan SD. Jakarta: Depdiknas

Hong-Min Lin, Wan-Ju Chen, and Shu-Fen Nien. 2014. The Study of Achievement and Motivation by e-Learning–A Case Study. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 4, No. 5, October

Huda, Miftahul 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Indrawati dan Wanwan Setiawan. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan

Menyenangkan untuk Guru SD. Jakarta: PPPPTK IPA Marno. 2008. Strategi & Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar ruz Media.

Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Rafindo Persada Jakarta. Muhibbin Syah. 2014 Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung:

Patta Bundu. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam pembelajaran Sains SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan

Pebri Prihatmoko. 2015. Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Dan XI Di SMK Tamasiswa Jetis Yogyakarta jurusan Teknik Komputerdan Jaringan. Jurnal Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Prawira, Yudha Andana. 2014. Tinjauan tentang Kreatifitas dalam Proses Pembelajaran Menulis Tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Bandung> Kementrian Agama Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M.Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung; PT Remaja Rosdakarya. Rusman, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajagarfindo Persada.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sadiman, Arief. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung,CV. Alfabeta

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.

Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sari, Suryaningrum Puspita. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Kelas IV SD 2 Sidorekso Kudus

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya. Sugandi, Achmad. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Press.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yoyakarta: UNY Press.

Suprijono, Agus. 2009, Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Supriya, dkk. 2006. Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press.

Tulus, Tu’u, 2004, Peran Disipiln pada perilaku dan prestasi Siswa, Jakarta:Gramedia widiasarana

Undang – Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1 Bab 1.

Uno, Hamzah B, 2014, Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Yaumil Ainin Pradina, Wiwik Dwi Hastuti. 2017. The Effect of Picture and Picture Learning Model towards Science Outcomes for Students with Hearing Impairment in the Class VII. Journal of ICSAR ISSN (print): 2548-8619; ISSN (online): 2548-8600 Volume 1 Number 2 July

Yoon Fah Lay. 2016. The predictive effects of motivation toward learning science on TIMSS grade 8 students’ science achievement: A comparative study between Malaysia and Singapore. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2016, 12(12), 2949-2959

Yusuf, Abidin. 2012. Guru dan Pembelajaran Bermutu. Bandung: Rizqi Press.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v7i2.1027

Article metrics

Abstract views : 409 | views : 378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika