IMPLEMENTASI PENDIIDIKAN KARAKTER YANG MENGACU PADA NILAI PANCASILA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Yulmawati T. Moonty, Rauf Hatu, Sukarman Kamuli

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa kelas V Melalui Implementasi Metode Bermain Peran Di SDN No 08 Kota Barat Kota Gorontalo. Metode Penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, dengan mengimplementasikan metode bermain peran diperoleh minat belajar siswa rendah pada mata pelajaran IPS diatas pada siklus I yakni hanya 12 siswa yang memperoleh skor 70 dengan persentase sebesar 67%, kemudian pada siklus II siswa yang memperoleh minat belajar yang tinggi yakni 14 siswa yang memperoleh skor 70 dengan persentase sebesar 78%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 56% dan meningkat pada siklus II menjadi 72,2%, atau terjadi peningkatan sebesar 16,2%.

Keywords


Bermain Peran, Minat

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Islam

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Burhan, Elfanany. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Araska

Chaplin, J.P, 2004. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-Contohnya. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas.2003. UU NO 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. Jakarta: Tim Penulis Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jakarta: Tim Penulis.

Dimyati,& Mudjiono 2006. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta

Djalil,2006. Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah S.B, 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Asdi Maliasatya

Djamarah, S.B. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Masitoh dkk.2010. Pendidikan IPS di Sekolah Dasar. Salatiga

Mardapi, D.2008. Teknik Penyusunan Instrument Tes dan Non Tes. Yogyakarta:Mitra Cendekia Press

Miftahul, A’la. 2011. Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva Press.

Muhibbin, Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mujinem,dkk. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Purwanto. M. Ngalim (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Roestiyah. K.N. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2011. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sagala Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, 2009. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Surabaya: Rajawali Pers

Sanjaya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenadamedia Group

Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sapriya. 2012. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metoda & Teknik Pembelajaran Pertisipatif. Bandung: Falah Production.

Sudjana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo

Sulhan N, 2006. Pembangunan Karakter Pada Anak, Surabaya, Surabaya Intelektual Club.

Supardi. 2011. Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Group

Uno, B. Hamzah. 2010. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar

Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah, dkk. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara

Winaraputra, Udin, S. 2009. Materi dan Pembelajarn PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Winkel. 2004. Bimbingan dan Penyuluhan. Jakarta: Gramedia


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v8i1.1029

Article metrics

Abstract views : 110 | views : 66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika