PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ni Kadek Santiani, Abd. Haris Panai, Wenny J. Musa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan LKS dan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan kartu soal (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa (3) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik yang diterapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) LKS dan TGT kartu soal (4) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar auditorial yang diterapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) LKS dan kartu soal. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu atau Quasi Experiment. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan analisis dua jalur. Populasi adalah seluruh siswa kelas IV di Sekolah Dasar, sampel diambil sebanyak 18 siswa/ kelas. Hasil penelitian menemukan (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan LKS dan Team Games Tournament (TGT) kartu soal dimana hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) LKS lebih tinggi dari pada Team Games Tournament (TGT) kartu soal (2) terdapat interaksi antara model Team Games Tournament (TGT) dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa (3) hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik yang diterapkan Team Games Tournament (TGT) LKS lebih tinggi dibandingkan model Team Games Tournament (TGT) kartu soal, dan (4) hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar auditorial yang diterapkan Team Games Tournament (TGT) dengan LKS lebih rendah dibandingkan model Team Games Tournament (TGT) kartu soal.

Keywords


Team Games Tournament

Full Text:

PDF

References


Jihad, Asep & Abdul Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo

Pasca sarjana Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Gorontalo: PPS UNG

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar

Ramadhy, Sufyan & Dadi Permadi. 2016. Bagaimana Mengembangkan Kecerdasan Otak? (Metode Baru untuk Mengoptimalkan Fungsi Otak Manusia). Bandung: Sarana Panca Karya Nusa

Rusmawati, Putu Enny. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Semarapura Tahun Pelajaran 2012/201. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran (Volume 3 Tahun 2013)

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Praktek. Depok: AR Ruzz Media

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Uno, Hamzah B. 2012. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Wisudawati, Asih Widi & Eka Sulistyowati. 2013. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara

Yusuf, Muri. 2015. Assesmen & Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v8i1.1030

Article metrics

Abstract views : 84 | views : 119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika