PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Astin Christina C. Adam, Abd. Haris Panai, Abd. Hamid Isa

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui 1) peningkatan kemandirian siswa pada mata pelajaran IPS materi peristiwa alam di Kelas V SDN 14 Telaga Biru yang diajar dengan pendekatan saintifik, 2) peningkatan hasil belajar IPS materi peristiwa alam di kelas V SDN 14 Telaga Biru yang diajar dengan pendekatan saintifik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah. Hasil belajar IPS Nilai rata-rata keseluruhan yang dicapai pada pelaksanaan siklus I dengan perolehan ketuntasan 65.5%. siklus II memperoleh nilai 90.6% Data ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemandirian siswa Hal ini terlihat pada rata-rata kegiatan siswa pada siklus II sudah mencapai kriteria ketuntasan. peningkatan nilai rata-rata dari seluruh pertemuan pembelajaran siklus I yang hanya mencapai 66.25% pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 80.20%

Keywords


Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Carin, A.A & Sund, R.B. 1975.

Teaching Science Thorg Discovery. Thir Editional Charles Merril Publishing Company, Columbus, Ohio

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda Karya

Johnson, Elaine B. 2009. Contextual teaching and learning: menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Mizan Learning Center

Kurniawan. 2011. Pembelajaran Terpadu. Bandung: CV. PUSTAKA CENDIKIA UTAMA.

Rohandi, R. 2005. Pendidikan Sains yang Humanistik: Memperdayakan Anak Melalui Pendidikan Sains. Yogyakarta: Kanisius

Sudijono, A. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Roesdakarya.

Wiyani. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: AR- RUZZ Media.

Yusuf, S. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v8i1.1031

Article metrics

Abstract views : 75 | views : 65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika