MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA KELAS IV SDN I BINJEITA I KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA

Saripa Topaju, Novianty Djafri, Rusmin Husain

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) meningkatkan hasil belajar IPA melalui Media Pop Up Book pada siswa kelas IV di SDN I Binjeita I Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. 2) meningkatkan aktivitas belajar melalui Media Pop Up Book di kelas IV di SDN I Binjeita I Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1) Lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran, 2) Lembar pengamatan aktivitas belajar siswa dan 3) Tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian yakni: Hasil pengamatan kegiatan guru dalam proses pembelajar pada siklus I 32%, pada siklus II meningkat menjadi 86%. Hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I 42%, pada siklus II meningkat menjadi 86%. Hasil Belajar Siswa pada observasi awal 40 % atau 10 orang siswa, meningkat pada siklus I mencapai 68 % atau 17 orang dan pada siklus II meningkat menjadi 92 % atau 23 orang.

Keywords


Pop Up Book

References


Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Belajar dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Nurgaheni, Silvia Oti. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Memahami Cerita Legenda dengan Buku Pop-up untuk Siswa SMP Kelas VII Di Kabupaten Pati. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/22176/1/2601411004-S.pdf pada tanggal 27 feb 2020


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v9i1.1032

Article metrics

Abstract views : 81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika