MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA KELAS IV SDN I BINJEITA I KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) meningkatkan hasil belajar IPA melalui Media Pop Up Book pada siswa kelas IV di SDN I Binjeita I Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. 2) meningkatkan aktivitas belajar melalui Media Pop Up Book di kelas IV di SDN I Binjeita I Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: 1) Lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran, 2) Lembar pengamatan aktivitas belajar siswa dan 3) Tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian yakni: Hasil pengamatan kegiatan guru dalam proses pembelajar pada siklus I 32%, pada siklus II meningkat menjadi 86%. Hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I 42%, pada siklus II meningkat menjadi 86%. Hasil Belajar Siswa pada observasi awal 40 % atau 10 orang siswa, meningkat pada siklus I mencapai 68 % atau 17 orang dan pada siklus II meningkat menjadi 92 % atau 23 orang.
Keywords
Pop Up Book
References
Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Belajar dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Nurgaheni, Silvia Oti. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Memahami Cerita Legenda dengan Buku Pop-up untuk Siswa SMP Kelas VII Di Kabupaten Pati. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/22176/1/2601411004-S.pdf pada tanggal 27 feb 2020
Article metrics
Abstract views : 81Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Akademika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika