PENGEMBANGAN PANDUAN PROGRAM PEMBELAJARAN HOME VISIT SISWA KELAS V SDN 1 BOLANGITANG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA

Yanti S. Lihu, Hamzah B. Uno, Rusmin Husain

Abstract


Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan 1) mendeskripsikan desain panduan program pembelajaran home visit, 2) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan pembelajaran luring dengan metode home visit 3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 1 Bolangitang Kec. Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mogondow utara melalui panduan home visit yang efektif, praktis dan valid. Model pengembangan panduan menggunakan model 4D (four D models) dengan tahapan yakni tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Teknik digunakan dalam penelitian ini adalah validasi, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi materi, lembar validasi bahasa, lembar validasi rancangan dan tes hasil belajr kognitif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pandua pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia valid, efesien dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Rata-rata hasil validasi adalah 86,3% yang menyatakan bahwa materi pada panduan sangat valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Rata-rata persentase validasi bahasa adalah 90,76% pada kategori sangat valid dan hasil validasi rancangan mencapai rerata 91,6%. Sedangkan hasil ujicoba kelompok kecil didaptaka nilai rata-rata daya serap siswa 90,83. Berdasarkan data yang diperoleh, maka dapat dinyatakan bahwa panduan pembelajaran home visit di kelas V SD layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


Pembelajaran IPA, Home Visit, Four D Models

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Jihad, A. & Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Presindo.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran, Depok : PT Raja Grafindo Persada

Sadirman. 2011:83. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindra Persada

Sanjaya, Wina. (2012). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta:Kencana

Sardiman. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta.Rajagrafindo Persada

Slameto, 200. Belajar Dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta

Subali, Bambang, dan Paidi,2002, Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Biologi. Yokyakarta : Universitas Negeri Yokyakarta

Suharyanto.2004. Model-Model Pembelajaran. Yokyakarta. Departemen Agama Republik Indonesia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi D.K, 2000. Pengantar dan Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rieneka Cipta Suprijono, Agus. 2009. Coopertaif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sudjana, N. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syah Muhibbin, 2010. Psikologi Belajar, Jakarta. Rosda Karya.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., dan Semmel, M. I. 1974. Instruction Development For Training Of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Trianto. 2007. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta:Renieka Cipta

Tohirin, 2007, Bimbingan dan Konselingdi Sekolah dan Madrasah ( Berbasis Integral ). Jakarta: Rajawali Pers

Uno,B Hamzah.2012. Teori Motivasi dan pengukurannya. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Winataputra,H.Udin S,1997, Startegi Belajar Mengajar, Jakart: Universitas Terbuka

Winkel, Hastuti, 2006, Bimbingan & Konseling di Instituti Pendidikan, Yokyakarta: Media Abadi

https://www.slidesharenet/ismdn/teori.hasil-belajar-menurut -para-ahli, diakses pada rabu 6 Mei 2020.pukul.23.45


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v9i1.1033

Article metrics

Abstract views : 182 | views : 151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika