PENERAPAN METODE EKSPRIMEN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Farisi. 2005. Strategi Pembelajaran. Rajawali Pres, Jakarta.
Anni, Catharina, Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi.
Arikunto, S, Suhardjono dan Supardi (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, 2007. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
(__________), 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
(__________), 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineke Cipta.
Daryono, M. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi.
Djamarah 2000, Macam-macam Metode Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta
(_______), 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali dan Muldjoni, Pudji. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Edriati, 2016. Model-Model Penelitian Tindakan. http://edriati.co.id. Diakses tanggal 7 Pebruari 2017.
Farozin, Muh. 2011. Model Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sekolah menengah pertama. Disertasi tidak dipublikasikan. Yogyakarta: PPs UNY.
Fathurrahman, Pupuh. 2007. Strategi Pembelajaran. Bandung: Insan Media.
Gunawan, Heri.2010. Pendidikan karakter konsep dan implementasi Bandung: Alfabeta
Harahap, Nasrun. 2000. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Bulan Bintang.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
(________), 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Iskandar, Srini M. 2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: CV. Maulana.
Kardi, S. dan Nur, M. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.
Mudhoffir,2004. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2002. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.
Paulina, Panen. dkk. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Pomalato, Sarson & Hulukati, Evi. 2005. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Recearch). Gorontalo : Nurul Jannah.
Purwanto, Ngalim. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Resni, 2009. Penggunaan Metode Eksperimen, Semarang
Roestiyah,2001. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta Sediman.
Rukoyah, 2016. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK) Vol. 1, No. 2, Desember 2016.
Rustaman, A. 2005. Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, keterampilan, Sikap, dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung.
Rustam dan Mundilarto, 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman, 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
(________), 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajagfindo Persada.
Sudijono, Anas. 2001. Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, 2005. Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT.Remaja Rosdikarya
Supardi, Suhardjono. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Suasih, Ni Kompiang., Lasamawan I, W., dan Suastra I, W. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Disiplin Belajar dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus Ii Kecamatan Abang. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 5 Tahun 2015).
Sri Sulistyorini. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Suyitno, 2002. Pembelajaran IPA. Jakarta: Depdikbud.
Suryadi, Ace. 2002. Pendidikan, Investasi SDM dan Pembangunan: Isu, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Balai Pustaka.
Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistica
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Trianto, 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah, B. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
(___________) 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara : Jakarta.
Uno, Hamja B, dkk. 2014. Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: Ina Publikatama.
Uzer Moh Usman dan Lilis Setiowati, 2010. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta : Rosda Karya.
Usman, Moh. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja.
Winkel. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.
Winataputra, Udin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Article metrics
Abstract views : 108 | views : 83Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Akademika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika