PENERAPAN METODE EKSPRIMEN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Murtin Golonggomo, Abd. Haris Panai, Abd. Djabar Mohidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan motivasi belajar kelas V SDN 2 Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolango, (2) peningkatan hasil belajar siswa pada konsep tumbuhan hijau melalui metode eksperimen pada pelajaran IPA. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan variabel terikat (Y) adalah motivasi belajar dan hasil belajar IPA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar, sebanyak 21 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar, tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, dan pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I aktivitas siswa sebesar 66,71% pada siklus II meningkat menjadi 83,09%, aktivitas guru pada siklus I sebesar 75,76% pada siklus II meningkat menjadi 85,14%, hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,15% pada siklus II meningkat menjadi 81,85%, demikian pula dengan motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 73,14% pada siklus II meningkat menjadi 77,10%.

Keywords


Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Al-Farisi. 2005. Strategi Pembelajaran. Rajawali Pres, Jakarta.

Anni, Catharina, Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi.

Arikunto, S, Suhardjono dan Supardi (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, 2007. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

(__________), 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

(__________), 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineke Cipta.

Daryono, M. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi.

Djamarah 2000, Macam-macam Metode Pembelajaran,Jakarta: Rineka Cipta

(_______), 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali dan Muldjoni, Pudji. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Edriati, 2016. Model-Model Penelitian Tindakan. http://edriati.co.id. Diakses tanggal 7 Pebruari 2017.

Farozin, Muh. 2011. Model Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sekolah menengah pertama. Disertasi tidak dipublikasikan. Yogyakarta: PPs UNY.

Fathurrahman, Pupuh. 2007. Strategi Pembelajaran. Bandung: Insan Media.

Gunawan, Heri.2010. Pendidikan karakter konsep dan implementasi Bandung: Alfabeta

Harahap, Nasrun. 2000. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Bulan Bintang.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

(________), 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Iskandar, Srini M. 2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: CV. Maulana.

Kardi, S. dan Nur, M. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.

Mudhoffir,2004. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Pusat Sumber Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2002. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.

Paulina, Panen. dkk. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pomalato, Sarson & Hulukati, Evi. 2005. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Recearch). Gorontalo : Nurul Jannah.

Purwanto, Ngalim. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Resni, 2009. Penggunaan Metode Eksperimen, Semarang

Roestiyah,2001. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta Sediman.

Rukoyah, 2016. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK) Vol. 1, No. 2, Desember 2016.

Rustaman, A. 2005. Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, keterampilan, Sikap, dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung.

Rustam dan Mundilarto, 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman, 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

(________), 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajagfindo Persada.

Sudijono, Anas. 2001. Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, 2005. Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT.Remaja Rosdikarya

Supardi, Suhardjono. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suasih, Ni Kompiang., Lasamawan I, W., dan Suastra I, W. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Disiplin Belajar dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus Ii Kecamatan Abang. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 5 Tahun 2015).

Sri Sulistyorini. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Suyitno, 2002. Pembelajaran IPA. Jakarta: Depdikbud.

Suryadi, Ace. 2002. Pendidikan, Investasi SDM dan Pembangunan: Isu, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistica

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto, 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah, B. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

(___________) 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara : Jakarta.

Uno, Hamja B, dkk. 2014. Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: Ina Publikatama.

Uzer Moh Usman dan Lilis Setiowati, 2010. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta : Rosda Karya.

Usman, Moh. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja.

Winkel. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Winataputra, Udin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v9i1.1034

Article metrics

Abstract views : 108 | views : 83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika