EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING/ONLINE MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SDN 77 KOTA TENGAH KOTA GORONTALO

Sutari Jusna, Novianty Djafri, Ahmad Abdi Yalida, Syarwani Canon

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimana peran dan persiapan daring pada masa pandemi Covid-19 ? (2) bagaimana peran dan persiapan orang tua terhadap pembelajaran siswa yang dilakukan secara daring pada masa pandemi covid-19 ? (3) bagaimana persiapan dan partisipasi peserta didik terhadap pembelajaran siswa yang dilakukan secara daring pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Efektivitas Pembelajaran Daring/Online Masa Pandemi Covid-19 di Kelas IV SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian kualitatif eksploratif dengan pendekatan induktif. Sumber data dalam penelitian ini adalah wali kelas IV SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo, 20 orang tua siswa kelas IV SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo, dan 20 Siswa Kelas IV SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan hasil observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitiaan ini yaitu menggunakan analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukan bahwa pembelajaran daring/online di SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontal pada masa Pandemi Covid-19 yaitu Kurang Efektif berdasarkan hasil wawancara terhadap guru kelas IV, Data angket orang tua tentang efektivitas pembelajaran daring/online jumlah rata-rata 371 dengan presentase 57,96, % hasil data angket siswa jumlah rata-rata 193 dengan presentase 40,2 %.

Keywords


Efektivitas, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, 2013 Strategi Pembelajaran, Remaja Rosdakarya, Bandung, ,

Anwar Prabu Mangkunegara. 2005. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Refika Aditama.

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Dimyati dan Mudjiono, 1999, Belajar dan Pembelajaran, , Jakarta: Rineka Cipta

Donni Juni Priansa, dan Agus Garnida, 2013. Manajemen Perkantoran Efektif, Efisien, dan Profesional, Bandung: Alfabeta,

Daradjat Zakia. 2012. Ilmu Pendidikan Islam cet. X. Jakarta: Bumi Aksara.

E. Mulyasa, 2012. Manajemen Pendidikan Karakter, , Jakarta: Bumi Aksara

Firman, Herry, 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: PT Impereal Bhakti Utama

H.M. Amin Syukur dkk,2012 Metodologi Studi Islam, Gunungjati, Semarang,

Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukuranya. Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah B. Uno, 2012. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah B. Uno Dan Nurdin Mohamad, 2014. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM, Jakarta: Bumi Aksara,

Husain, Uamar. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali Husaini usman, dkk. 2009. “Metodeologi Penelitian Sosial” Jakarta: PT Bumi Aksara

Ibrahim, M. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. University Pres

Mahmudi, 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN,.

Moh. Pabundu Tika, 2014. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Jakarta: Bumi Aksara,

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Muhibbin Syah, 2000, Psikologi Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung,

Mutia, Intan dan Leonard. 2013. Kajian Penerapan E-learning Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta 6(4). 282

Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, Sinar Grafika, Jakarta, 2009,

Purwanto. 2009. Evaluasi hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar

Putra, Made. 2020. Kurang Efisiennya PembelajaranDaring/E-Learning.

S. Nasution, Metode Research; 2007.” Penelitian Ilmiah. Bandung: Bumi Aksara.

Sardiman, A.M, 2000, .”Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT Raja, Jakarta: Grafindo Persada

Sugiyono. 2009. Metode penelitian Kualitatif Kuantitatif R & D (Bandung: alfabeta)

Sugiyono. 2013. Metode penelitian Kualitatif Kuantitatif R & D (Bandung: alfabeta)

Sugiyono. 2007. Metode penelitian Kualitatif Kuantitatif R & D (Bandung: alfabeta)

Suharsimi Arikunto, 2005 Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Sutrisno Hadi, 2011. “Metodologi Research; Jilid II “Yogyakarta: Andi Offset, Susanto, 2016, Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group

Syaiful Bahri Djamarah, 2000. “Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, , Jakarta: Rineka Cipta

Syaiful Bahri Djamarah, 2010, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Rineka Cipta

Syarif Mohammad, 2015, Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tim Dosen JPTM FPIK UPI. 2015. Supelmen Pedoman penulisan Skripsi Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Tim MKDK IKIP Semarang, 1996, Belajar dan Pembelajaran, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Fak. Ilmu Pendidikan, Semarang,

Utarini, adi. 2020 “Tak Kenal Maka Tak Sayang: Penelitian Kualitatif dalam pelayanan kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Wahidmurni, 2008 Cara Mudah Menus Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan .Malang: UM Pres

Yunus Yamsa, 2000. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus,

JURNAL/SKRIPSI/TESIS:

Adityo Susilo et al., “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures,” Jurnal Penyakit Dalam Indonesia 07, no. 01 (2020).

Ahmad, Jusna, dkk. 2020. Validitas Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jambura edu biosfer journal vol. 2 no 1. Universitas Negeri Gorontalo

Asnawi. 2013, Efektivitas Penyelenggaraan Publik Pada Samsat Corner Wilayah Malang Kota , Skripsi S-1 Jurusan Ilmu Pemerintahan, FISIP, UMM, Desrina Yusi Irawati. 2020. Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Fakultas Teknik, Universitas Katolik Darma Cendika (Jurnal) Vol.9 No.2 Universitas Katolik Darma Cendika. Surabaya

Djafri, Novianty. 2020. Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar di Kota Gorontalo. (Jurnal) Volume 6. No. 1. Universitas Negeri Gorontalo

Eman Supriatna, “Wabah Corona Virus Disease Covid 19 Dalam Pandangan Islam,” SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i 07, no. 06 (2020).

Hakim, L, & Khusinya,I,L. 2019. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. (Jurnal Tasqif) Universitas Islam Negeri Mataram:

WEBSITE:

http://e-journal.uajy.ac.id/4241/3/2MH01723.2013.pdf.

https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19 ). Diakses tanggal 17-11-2020.

Maudiarti S. 2018. Penerapan E-learning di perguruan tinggi. Jln IKPN Bintaro, Tanah Kusir, Bintaro, Jakarta Selatan 12330. https://doi.org/10.21009/PIP.321.7 Diakses pada 13 Juli 2020

Nisaul Choiroh. 2020 Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring/E-learning dalam pandangan siswa. (Artikel). IAIN Surakarta. Diakses pada laman https://iain-surakarta.ac.id/%EF%BBefektifitas-pembelajaran-berbasis-darin-e-learning-dalam-pandangan-siswa/ pada tanggal 15 November 2020. Pukul 23:16

Risma Ikawaty, Corona Virus, 2020, https://www.ubaya.ac.id/2020/ content/articles_detail/288/CORONAVIRUS- Di Akses pada tanggal 15 November 2020. Pukul 23:57

WHO Director-General's opening remarks at the media briefing on COVID-19 – 11 March 2020". www.who.int (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17-11-2020.

PERATURAN:

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (COVID-19)


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v9i1.1035

Article metrics

Abstract views : 707 | views : 471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika