KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TABEL PERKALIAN PINTAR

Raina K. Awal, Yusraningsih H. Pongoliu

Abstract


The purpose of research was to increase the ability to calculate the volume of cubes and ballots for class V SDN 30 Paguyaman, Boalemo Regency using smart multiplication table media. The type of research used was class action research with the subject of research, namely grade V SDN 30 Paguyaman District, Boalemo regency. The research used the instrument of observing teacher activity, student activity, and student learning outcomes. The results of this research indicate an increase in the ability to calculate the volume of cubes and blocks. This is indicated by an increase in the computational ability in cycle I classically up to 33%, and in Cycle II to 83%. This shows that the results achieved by students have exceeded the work indicators that have been formulated, namely ≥80% of students classically subjected to actions to get ≥70 learning outcomes according to the KKM, it can be concluded that by using the intelligent multiplication table media the ability to calculate the volume of cubes and ballots for class V increases.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghitung volume kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 30 Paguyaman Kabupaten Boalemo dengan menggunakan media tabel perkalian pintar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 30 Paguyaman Kabupaten Boalemo yang berjumlah 12 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menghitung volume kubus dan balok. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan menghitung siswa pada siklus I secara klasikal mencapai 33 %, dan pada siklus II menjadi 83 %. Hal ini menunjukkan bahwa hasil yang dicapai siswa telah melebihi indikator kerja yang telah dirumuskan yaitu ≥80 % siswa secara klasikal yang dikenai tindakan memperoleh hasil belajar ≥70 sesuai KKM, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media tabel perkalian pintar kemampuan menghitung volume kubus dan balok pada siswa kelas V meningkat.


Keywords


Media Tabel Perkalian Pintar, Smart Multiplication Table Media

Full Text:

PDF

References


Annisah,S. (2017). Alat peraga pembelajaran matematika. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11 (01), 1-15.

Firdaus, F. M. (2018). Pengaruh Teknik Takalintar terhadap Kemampuan Proses Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 445-454.

Mulyawati, M., TANTOWIE, T. A., & FUADI, D. N. UPAYA Meningkatkan Kemampuan Menghitung Melalui Media Konkret Koin Warna (Kancing) Pada Mata Pelajaran Matematika. Bestari| Jurnal Studi Pendidikan Islam, 16, 19071337

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan Hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10

Sumardjan. 2017. Desain pembelajaran MTK SD Menyenangkan. Semarang: Formaci Press

Susilana, Rudi & Riyana,Cepi. 2016. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima Suyono & Hariyanto. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Widiastuti,I. E(2012). Peningkatan Kemampuan Menghitung Volume Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan Konstektual Pada Siswa Kelas V SD Negeri Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v10i1.1276

Article metrics

Abstract views : 406 | views : 672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika