MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD LABORATORIUM UNG

Aswin Sapeni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil belajar peserta didik kelas V SD LABORATORIUM UNG Kota Selatan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V yang berjumlah 25 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKN masih rendah. Hasil observasi awal mencapai 20%. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada hasil belajar peserta didik, terjadi peningkatan sebesar 28 % pada siklus I pembelajaran pertama, 48 % siklus I pembelajaran kedua dan 56% pada siklus I pembelajaran ketiga mencapai 64%. Sedangkan pada siklus II pembelajaran pertama peningkatan hasil belajar mencapai 72 %, pada siklus II pembelajaran kedua mengalami peningkatan hingga 88%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PKN di kelas V SD Laboratorium UNG, hal ini ditinjau dari meningkatnya hasil belajar peserta didik dari 20 % naik menjadi 88%.

Keywords


Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zaenal Dan Chotibuddin, M. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Guru/Kepala dan Pengawas Sekolah/Dosen dan Mahapeserta didik/Peneliti. Yogyakarta: Deepublish

Arends.2017. Menggunakan Model Project Base Learning untuk Menumbuhkan Sikap Peduli dan Toleransi Serta Meningkatkan Hasil Belajar pada Subtema Berbagai Pekerjaan.Skripsi Sarjana pada PGSD UNPAS.Tidak diterbitkan.

Arifin Zainal.2015. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik, Jakarta: Prenada Media Group

Aunurrahman, 2015.Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Tentang Sifat Cahaya. Sumarno UNG

Ngalimun. 2015. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Sujana.2015. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik sifat-sifat Cahaya Melalui Metode Eksperimen. Patris. UNG 2010


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v10i2.1685

Article metrics

Abstract views : 375 | views : 124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika