MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE MULTISENSORI TEKNIK VISUAL AUDITIF KINESTETIK TACTILE (VAKT) SISWA KELAS I SDN 2 TANJUNG ANOM

Arina Manasikana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Multisensori Teknik VAKT Di SDN 2 Tanjung Anom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, tes, dan dokumentasi. Observasi awal kemampuan siswa dalam Membaca Permulaan (35%) atau 6 siswa yang mampu dan (65%) atau 11 siswa yang belum mampu. Pada pelaksanaan tindakan kelas siklus Ihanya 11 orang siswa yang mampu atau (65%). Pada siklus II meningkat menjadi 15siswa (88%). Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka penelitian Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Multisensori Teknik VAKT Di SDN 2 Tanjung Anom.

Keywords


Teknik Multisensori VAKT

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zaenal Dan Chotibuddin, M. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Guru/Kepala dan Pengawas Sekolah/Dosen dan Mahapeserta didik/Peneliti. Yogyakarta: Deepublish

Farr.2018.Metode membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Olivia.2015. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa

Pauli Richar .2018. Guru Kualitatif PAUD, Raja GrafindoPersada : Jakarta

Saeful.2017. Melejitkan potensi Akhlaq pada anak, CV. Azzam MediaAbadi, Bandung

Samsudin.2016. Jurnal Pendidikan. Universitas Garut. Vol.13.No.01.2019

Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Sesiani.2017. Pengaruh metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak taman kanak–kanak (Studi eksperimental di TK ABA52 Semarang).

Somadayo.2015. Strategi dan teknik pembelajaran membaca. Yohyakarta: Graha Ilmu

Tarigan. 2015. Metode membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yusuf.2015. Metode membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v10i2.1688

Article metrics

Abstract views : 293 | views : 176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika