MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV SDN 7 TULANG BAWANG TENGAH

Nuril Samsiah

Abstract


Pelaksanaan dari penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN 7 Tulang Bawang Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas peneliti, observasi aktivitas siswa, tes, dan dokumentasi. Observasi awal kemampuan siswa dalam berbicara mencapai (25% atau 5 siswa yang mampu dan (75%) atau 15 siswa yang belum mampu. Pada pelaksanaan tindakan kelas siklus I hanya 13 orang siswa yang mampu atau (65%). Pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa (90%). Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka penelitian meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode bermain peran pada siswa kelas IV SDN 7 Tulang Bawang Tengah meningkat.

Keywords


Metode Bermain Peran

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zaenal Dan Chotibuddin, M. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Guru/Kepala dan Pengawas Sekolah/Dosen dan Mahapeserta didik/Peneliti. Yogyakarta: Deepublish

Hamri.2018. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Kelas Indonesia Kelas Tinggi, Jakarta: Depdikbud

Hermawan. 2014. Pembelajaran Bahasa Berbasis Karakter di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 8, No. 1. Diakses tanggal 20 Maret 2021 Juhji.2018.Model Pembelajaran Untuk Calon Guru SD/MI. Serang: Media Madani

Lefudin.2017. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: UnIersitas Terbuka

Nuraeni.2016. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Kelas Indonesia Kelas Tinggi, Jakarta: Depdikbu

Nurhasanah.2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X AP1 Pada Pelajaran PPKn.Jurnal Penelitian. Vol 2 tahun 2019. Diakses tanggal 25 Maret 2021.

Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Subari 2016. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v10i2.1689

Article metrics

Abstract views : 74 | views : 60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika