MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA GAMBAR DIKELAS II SDN 06 POPAYATO TIMUR KABUPATEN POHUWATO

Sandra Ibrahim

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan meningkatkan kemampuan menulis permulaan peserta didik melalui media gambar di kelas II SDN 06 Popayato Timur Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas pendidik, observasi aktivitas peserta didik, tes, dan dokumentasi. Observasi awal kemampuan peserta didik dalam menulis permulaan (23% atau 8 peserta didik yang mampu dan (77%) atau 27 peserta didik yang belum tuntas. Pada pelaksanaan tindakan kelas siklus I hanya 20 orang peserta didik yang mampu atau (57%). Pada siklus II meningkat menjadi 31 peserta didik (89%). Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka penelitian Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Peserta Didik Melalui Media Gambar Dikelas II SDN 06 Popayato Timur Kabupaten Pohuwato meningkat.

Keywords


Kemampuan Menulis Permulaan

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zaenal Dan Chotibuddin, M. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Guru/Kepala dan Pengawas Sekolah/Dosen dan Mahapeserta didik/Peneliti. Yogyakarta: Deepublish

Cecep Kusnandi.2016. Media Pembelajaran, Jakarta:Departemen Guruan Nasional

Hudojo 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inoovtif – Progresif Jakarta : Kencana

Lendi.2016. Keterampilan Berabahasa Indonesia SD. Jakarta: UnIersitas Terbuka.

Mangkunegara.2016. Keterampilan Berabahasa Indonesia SD. Jakarta: UnIersitas Terbuka

Nasir.2018. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Kelas Indonesia Kelas Tinggi, Jakarta: Depdikbud

Samsudin.2015.Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA SDN 5 Morowali. Skripsi UNG

Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Suparno.2017. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan

Tarigan Guntur, 2017. Metode membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Uno Hamzah. 2014. Keterampilan Berabahasa Indonesia SD. Jakarta: UnIersitas Terbuka


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v10i2.1690

Article metrics

Abstract views : 105 | views : 183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika