MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) KELAS VI SDN 4 LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO

Fitria Uki

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran bahasa Indonesia melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di kelas VI SDN 4 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas peneliti, observasi aktivitas siswa, tes, dan dokumentasi. Observasi awal kemampuan siswa dalam membaca pemahaman (25% atau 5 siswa yang mampu dan (75%) atau 15 siswa yang belum mampu. Pada pelaksanaan tindakan kelas siklus I hanya 13 orang siswa yang mampu atau (65%). Pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa (90%). Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka penelitian Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SDN 4 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo meningkat.

Keywords


Kemampuan Membaca; Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Ahsan., 2018. Penerapan Model Pembelajaran CIRC. Yogyakarta: Pendidikan karakter Aqib, Zaenal Dan Chotibuddin, M. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Guru/Kepala dan Pengawas Sekolah/Dosen dan Mahapeserta didik/Peneliti. Yogyakarta: Deepublish

Asnawi. 2017. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Khoiru., 2017. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Nurgiantoro. 2016. Kemampuan Membaca. Jakarta: Universitas Terbuka

Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Setyaningrum, 2017. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slameto.2016. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Melalui model CIRC. Skripsi. Gorontalo UNG


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v10i2.1701

Article metrics

Abstract views : 126 | views : 83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika