PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 8 KELAS II SDN 25 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Windri Apriliyanti Laposi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 8 Kelas II SDN 25 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I peserta didik yang tuntas pada tema 8 sebanyak 14 orang (61%) sedangkan pada pelaksanaan siklus II peserta didik yang tuntas pada tema 8 sebanyak 21 orang (91%) dengan KKM ≥ 75. Pada pelaksanaan tindakan terjadi peningkatan sebanyak 30%. Dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 8 Kelas II SDN 25 Limboto Kabupaten Gorontalo.

Keywords


model talking stick

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zaenal Dan Chotibuddin, M. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Guru/Kepala dan Pengawas Sekolah/Dosen dan Mahapeserta didik/Peneliti. Yogyakarta: Deepublish

Annuurrahman, 2015. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar

Bruton.2015. Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta

Carol Locust.2016. Prestasi Belajar dan Kompetisi Pendidik,Surabaya: Usaha Nasional

Huda, 2016.Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Ihsan. 2015. elajar dan Pertemuan.Jogjakarta:PT. AR-Ruzz Media

Imran.2015.Prestasi Belajar dan Kompetisi Pendidik.Surabaya: Usaha Nasional

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar

Rohmatul.2016.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algensindo

Romiszowski .2015.Penilaian Pertemuan Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Syafrudin.2015. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar


DOI: http://dx.doi.org/10.31314/akademika.v10i2.1703

Article metrics

Abstract views : 81 | views : 46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Akademika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika