PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT (INFORMATION COMMUNICATIONS TECHNOLOGIES) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Salah satu tugas utama seorang pendidik dalam mewujudkan tujuan-tujuan pendidikan di sekolah adalah mengembangkan strategi pembelajaran secara efektif. Dalam kegiatan pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA tentang Proses terbentuknya hujan diperlukan upaya guru dalam memahami pendekatan apa yang cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu pendekatan yang cocok dalam menanamkan konsep proses terbentuknya hujan adalah dengan penggunaan media berbasis ICT. Pembelajaran berbasis ICT adalah proses pembelajaran dengan memanfatkan teknologi informasi. Tujuan dari makalah ini untuk menunjukan bahwa penggunaan media berbasis ICT dapat meningkatkan Motivasi belajar peserta didik kelas III SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Metode yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui evaluasi hasil belajar pesert didik yang dilakukan dimana pada observasi awal ketika pendidik melakukan proses pembelajaran tidak menggunakan media berbasis ICT hasil ketuntasan belajar peserta didik hanya 9 orang dari 23 peserta didik yang dikenai tindakan atau 39 %. Namun setelah dilakukan refleksi kembali dengan menggunakan media berbasisi ICT ketuntasan belajar peserta didik meningkat mencapai 21 peserta didik yang berhasil mencapai ketuntasan belajar atau 91 %.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib , Zainal. 2013. Model-Model, Media dan Strategi pembelajaran Konsektual (Innovatif). Bandung: Yrama Widya.
Ashar, Arsyad. 2006. Media pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Aunurrahman.2010. Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.
Budi, Murtiyasa. 2008. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.Jakarta : Gaung Persada Press.
Dimyanti, 2010 Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah,dkk. 2010 Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rositawaty S, 2008. Senang Belajar Ilmu Ilmu Pegetahuan Alam 3: Untuk Kelas III Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
Rosdiana, Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dan pengaruhnya terhadap tingkat kelulusan Ujian Nasional siswa pada sekolah menengah Di Kota Palopo, Jurnal Pendidikan matematika dan Ilmu pengetahuan alam. Vol 4 No. 1 Hal.73-88 maret 2016. ISSN (P):2527-3744).
Setyosari,dkk. 2009. Media pembelajaran. Malang: Elang Emas
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Article metrics
Abstract views : 5549 | views : 1361Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Akademika : Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats © All rights reserved 2018, Akademika